Semua makhluk hidup berkembangbiak untuk melestarikan jenisnya. Tak terkecuali hewan, salah satu makhluk hidup yang memberi manfaat bagi manusia. Nah, berikut artikel tentang perkembangbiakan hewan.


Secara garis besar, perkembangbakan pada hewan terbagi menjadi dua cara, yaitu :

1. Generatif / Seksual : melalui perkawinan.
2. Vegetatif / Aseksual : tanpa melalui perkawinan.

Nah, kedua cara itu, akan kami kupas sampai tuntas di artikel ini.Ok, kita mulai dari yang Generatif.

1. Generatif 
Merupakan perkembangbiakan yang melalui proses perkawinan atau disebut juga perkembangbiakan seksual. Perkembangbiakan hewan dengan cara ini terbagi menjadi tiga cara yaitu :

A. Bertelur ( ovipar )
Merupakan perkembangbiakan yang perkembangan embrionya terjadi di luar tubuh yaitu di dalam telur. Perkembangbiakan secara ini perlu perlakuan dari induknya yaitu mengeraminya.
Contoh Hewan : Ayam, penyu, dll.

B. Melahirkan ( vivipar )
Merupakan perkembangbiakan yang perkembangan embrionya terjadi di dalam tubuh induknya. Karena itu, hewan yang berkembangbiak dengan cara ini memerlukan masa mengandung. Setelah waktunya dikeluarkan, individu baru ini akan dikeluarkan dari tubuh induknya. "Banyak buku yang menyebut cara ini dengan beranak. Tetapi kata ini kurang tepat. Karena itu jangan mengartikan cara perkembangbiakan ini dengan kata beranak." kata guru saya .
Contoh Hewan : Sapi, kambing, gajah, dll.

C. Bertelur dan Melahirkan ( ovovivipar )
Merupakan perkembangbiakan yang embrionya berkembang didalam telur, tetapi masih di dalam tubuh induknya. Nah, saat telur menetas, barulah individu baru tersebut dikeluarkan dari tubuh induknya.
Contoh Hewan : Kadal, beberapa jenis ular.

2. Vegetatif
Merupakan perkembangbiakan tanpa melalui proses perkawinan atau disebut juga perkembangbiakan aseksual. Perkembangbiakan dengan cara ini juga terbagi menjadi tiga cara yaitu :

A. Tunas
Pada tubuh Hydra dewasa akan muncul tonjolan. Tonjolan tersebut akan terus tumbuh dan membesar. Ketika setelah cukup besar, tunas itu akan terlepas dari tubuh induknya. Tunas yang terlepas akan tumbuh dan berkembang menjadi individu baru.
Contoh Hewan : Hydra



B. Fragmentasi
Fragmentasi adalah perkembangbiakan yang berasal dari potongan tubuhnya sendiri. Contoh hewan yang berkembang biak dengan cara fragmentasi adalah planaria. Cacing planaria merupakan cacing pipih. Planaria bisa kamu temukan di bawah bebatuan di sungai. Ukurannya sangat kecil. Jika kita potong salah satu bagian tubuhnya, potongan tubuh itu akan tumbuh menjadi individu baru. 
Contoh Hewan : Planaria, Cacing pipih



C. Membelah Diri
Merupakan cara perkembangbiakan dengan membelah dirinya. Perhatikan prosesnya seperti gambar dibawah.
Contoh : Protozoa


Nah, sekian artikel tentang perkemangbiakan pada hewan. Semoga Bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan:
Untuk menyisipkan kode, gunakan tag <i rel="pre">KODE ANDA DI SINI...</i>
Untuk menyisipkan gambar, gunakan tag <i rel="image">URL GAMBAR ANDA DI SINI...</i>
Untuk menyisipkan judul, gunakan tag <b rel="h3">JUDUL ANDA DI SINI...</b>
Untuk menyisipkan catatan, gunakan tag <b rel="quote">CATATAN ANDA DI SINI...</b>
Untuk menciptakan efek tebal gunakan tag <b>TEKS ANDA DI SINI...</b>
Untuk menciptakan efek huruf miring gunakan tag <i>TEKS ANDA DI SINI...</i>

Jika ingin menuliskan kode pada komentar harap gunakan Tool untuk mengkonversi kode tersebut agar kode bisa muncul dan jelas atau gunakan tool dibawah "Konversi Kode di Sini!".

 
Top