Artikel kali ini sengaja saya buat karena hari ini, 10 November 2013, adalah Hari Pahlawan. Oke, langsung saja kita simak berita yang saya kutip dari viva.co.id.

Created With CorelDraw X4
Guruh Soekarnoputra meluruskan beberapa hal terkait ayahnya yang merupakan tokoh proklamator, Sukarno, yang dinilai penting bagi pemahaman sejarah bangsa Indonesia. Salah satunya soal akronim "jas merah."
Ditemui pada peringatan 112 tahun kelahiran Sukarno di Jakarta, Kamis 6 Juni 2013, Guruh mengungkapkan jas merah selama ini diartikan sebagai, "jangan sekali-kali melupakan sejarah." Padahal, imbuhnya, kepanjangan itu kurang tepat.
"Istilah itu diambil dari judul pidato terakhir Bung Karno pada 1966. Kepanjangannya [yang benar], jangan sekali-kali meninggalkan sejarah," tegas Guruh.

Selanjutnya, dia mengkritik istilah orde baru (orba) dan orde lama (orla). Guruh melanjutkan istilah orla merupakan kata-kata penghinaan terhadap Bapak Bangsa RI.

"Jadi kalau anda mendongeng kepada anak cucu, sampaikan saja pada 1967 berdiri pemerintahan Orba. Ceritakan itu adalah pemerintahan hasil kudeta yang merata," ujar Guruh.

Penyebutan orba dan orla, menurutnya, adalah bukti keberhasilan pemerintahan Soeharto. "Orde itu adalah yang menggulingan pemerintahan Soekarno. Dan pemerintahan Orba adalah kudeta yang merata," tegasnya.

Hal ketiga yang menjadi sorotannya adalah soal penyebutan Sukarno bersanding dengan M Hatta. Upaya penyandingan kedua nama itu, menurut Guntur, bentuk keberhasilan politik pemerintahan Soeharto. "Jadi seakan-akan Sukarno tidak ada kekuatan bila tidak ada Hatta dan sebaliknya," katanya.

Ironisnya, saat ia mendengar jawaban anak SD bahwa Presiden RI pertama adalah Sukarno-Hatta. "Jadi ini dibuat agar seperti Sukarno bin Hatta," katanya.

Peringatan hari lahir Bung Karno itu dihadiri Guruh Soekarnoputra, Guntur Soekarnoputra, Sukmawati Soekarnoputri, ajudan Soekarno serta mantan Menteri Koperasi dan Transmigrasi era Soekarno.
Hmm, sebelumnya saya juga mengartikan bahwa "Jas Merah" artinya "Jangan Sekali-Kali Melupakan Sejarah". Tetapi setelah membaca ini, ternyata semua itu salah ! Semoga Bermanfaat !

3 komentar:

Catatan:
Untuk menyisipkan kode, gunakan tag <i rel="pre">KODE ANDA DI SINI...</i>
Untuk menyisipkan gambar, gunakan tag <i rel="image">URL GAMBAR ANDA DI SINI...</i>
Untuk menyisipkan judul, gunakan tag <b rel="h3">JUDUL ANDA DI SINI...</b>
Untuk menyisipkan catatan, gunakan tag <b rel="quote">CATATAN ANDA DI SINI...</b>
Untuk menciptakan efek tebal gunakan tag <b>TEKS ANDA DI SINI...</b>
Untuk menciptakan efek huruf miring gunakan tag <i>TEKS ANDA DI SINI...</i>

Jika ingin menuliskan kode pada komentar harap gunakan Tool untuk mengkonversi kode tersebut agar kode bisa muncul dan jelas atau gunakan tool dibawah "Konversi Kode di Sini!".

 
Top