Disamping fungsi utama garam yaitu sebagai bumbu dapur, ternyata garam menyimpan berbagai manfaat yang cukup penting. Mungkin jika anda ditanya, "Apa fungsi garam ?" anda hanya bisa menjawab, "Bumbu dapur !". Tetapi setelah membaca artikel ini anda akan tahu berbagai fungsi garam yang menarik untuk disimak. Berikut beberapa manfaat garam selain bumbu dapur.


Fresher udara

Garam dapat kita gunakan sebagai pengawet bau harum di dalam ruangan. Salah satu caranya adalah dengan cara melapisi kelopak mawar dengan garam kemudian masukan kedalam sebuah botol dan tutup rapat. Lepaskan tutup selama beberapa menit setiap hari untuk mendapatkan aroma bunga mawar di ruangan kita.

Mengusir semut

Jika kita sering mengeluh karena serangan hewan kecil ini, maka garam adalah solusi yang tepat. Kita dapat menaburkan garam pada sekelompok semut, bisa dipastikan mereka akan pergi jauh dari meja makan kita. 

Membuat buah apel segar kembali

Jika kita memiliki beberapa apel yang berhari-hari tidak tersentuh tangan, pada akhirnya buah apel akan menjadi keriput. Eitsss.. jangan terburu-buru untuk membuang apel ini sebab keriput pada apel ini dapat kita hilangkan dengan menggunakan garam. Caranya adalah dengan merendam apel pada air yang agak asin untuk menghilangkan keriput pada apel.

Membuat telur rebus yang sempurna

Kita dapat menambahkan 1 sendok teh garam kedalam air yang nantinya akan digunakan untuk merebus telur. Dengan cara ini telur akan matang secara sempurna.

Menjaga salad agar tetap renyah

Jika kita ingin agar salad yang sudah disajikan memiliki kesan renyah yang lama, maka kita dapat 
menaburkan sedikit garam diatas salad tersebut.

Menguji kesegaran telur

Garam juga dapat kita gunakan untuk menguji seberapa segar telur yang sudah kita beli. Caranya, kita dapat menambahkan 1 sendok teh garam untuk setiap 1 cangkir air dan kemudian masukan telur kedalam air tersebut. Telur yang masih segar akan tenggelam sementara telur yang sudah usang akan mengambang.

Ok, begitulah info dari Ilmu Umum. Semoga Bermanfaat !

4 komentar:

  1. wah banyak juga ya manfaat dari garam .. kirain cuma bisa jadi bumbu penyedap doank. :-d

    BalasHapus

Catatan:
Untuk menyisipkan kode, gunakan tag <i rel="pre">KODE ANDA DI SINI...</i>
Untuk menyisipkan gambar, gunakan tag <i rel="image">URL GAMBAR ANDA DI SINI...</i>
Untuk menyisipkan judul, gunakan tag <b rel="h3">JUDUL ANDA DI SINI...</b>
Untuk menyisipkan catatan, gunakan tag <b rel="quote">CATATAN ANDA DI SINI...</b>
Untuk menciptakan efek tebal gunakan tag <b>TEKS ANDA DI SINI...</b>
Untuk menciptakan efek huruf miring gunakan tag <i>TEKS ANDA DI SINI...</i>

Jika ingin menuliskan kode pada komentar harap gunakan Tool untuk mengkonversi kode tersebut agar kode bisa muncul dan jelas atau gunakan tool dibawah "Konversi Kode di Sini!".

 
Top