Anda mungkin pernah memecahkan teka-teki biasa. Tetapi teka-teki ini buatan sang Pakar Filsafat dan Matematika Oxford University, George Boolos (Wah, berarti sering bolos dong !). Tidak, kita tidak boleh menjelek-jelekkan orang yang sudah jelek. Nah, kembali ke laptop, teka-teki ini sangat sulit. Sehingga perlu menguras pikiran untuk memecahkannya. Saking sulitnya, saya pun tidak bisa memahami teka-teki itu. Anda Bisa ? Buktikan !


George Stephen Boolos

Nah, inilah isi teka-tekinya. Tiga Dewa A,B, dan C, tidak dalam urutan tertentu, Biasa dipanggil dengan Benar, Salah, dan Acak. Benar selalu berbicara jujur, Salah selalu berbicara bohong. Acak selalu berbicara jujur atau bohong secara acak. Tugas Anda adalah menentukan identitas Dewa A, B, dan C dengan menanyakan tiga pertanyaan dengan jawaban "ya" atau "tidak". Setiap pertanyaan harus ditanyakan tepat pada satu Dewa. Dewa-dewa tersebut mengerti bahasa yang anda gunakan, tetapi akan menjawab semua pertanyaan dalam bahasa mereka. Namun mereka hanya mengatakan "da" dan "ja" untuk mengatakan "ya" atau "tidak" dalam urutan tertentu. Namun anda tidak mengerti arti "da" dan "ja" yang mereka ucapkan. Bisa berarti "ya" atau "tidak".

Penjelasan Tambahan :
-Dewa tertentu dapat ditanyai lebih dari satu pertanyaan ( dengan begitu dewa lain boleh tidak ditanya sama sekali. )
- Pertanyaan kedua dapat berkaitan dengan pertanyaan pertama. ( dan berkaitan dengan pertanyaan ketiga ), termasuk pada dewa kemana pertanyaan itu diberikan.
- Jawaban Acak benar atau salahnya hanya diketahui dengan cara tertentu. Ia diibaratkan melempar koin di otaknya, dimana jika koin yang dilempar muncul gambar, Acak berujar benar. Jika muncul angka berarti dia berbohong.

Ada yang bisa ? Kalau bisa mungkin IQ anda sangatlah tinggi. Sepertinya hanya ahlinya yang bisa. Atau mungkin Albert Einstein, misalkan ia masih hidup bisa memecahkannya. Orang yang saya tahu pasti bisa memecahkannya, adalah George Boolos. Hehehe...

Update !!! 20/05/13

Ada sebuah clue dari anonim ( asli tanpa ada pengubahan ) :
"sorry bro, setelah seminggu penuh saya baca artikel anda, saya sudah tau jawabannya. namun ini memang harus bertanya 3x. kalo anda mencari jawaban hanya dengan berfikir, saya jamin tak akan ketemu, hari ini saya coba dengan coret2an kertas, ternyata bisa. mungkin jawaban saya nantinya akan berbeda dengan stephan bools, tapi tetap bisa 3pertanyaan itu adalah 2 pertanyaan pertama pertanyaan yg sama, dan 1 pertanyaan terakhir berbeda, jika jawabannya iya dan iya(da dan da), atau tidak dan tidak(ja dan ja). maka petanyaan kunci diajukan ke orang yg belum ditanya. dan udah bisa tentukan siapa mereka, tapi jika dijawab seling da dan ja, maka ada 1 orang yg akan di tanya 2x. dan pertanyaannya berbeda. itu sedikit clue bantuan dari saya.hihihi semoga beruntung. maaf yg atas salah ketik dikit. akhirnya susah payah seminggu ini sakit.kepala, ada gunanya juga.hahahaha" ( thanks for anonim )

Masih kurang ? Anda bisa cek Teka - Teki Tersulit Versi Einstein dan Teka - Teki Sulit Terbaik.


TINGKAT KESULITAN : VERY HARD

59 komentar:

  1. Balasan
    1. ok, sumbernya jangan lupa ya ! :)

      Hapus
  2. hmmmmm *berpikir keras* hahaha

    BalasHapus
  3. saia mengerti gan,
    tapi susah jelasinnya

    BalasHapus
  4. Asyik nih, tapi nggak bisa jawabnya sob. kasih jawabannya dong! udah muter2 nih mikir buat ngejawabnya. ;(

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba perhatikan kata-kata saya : "Saking sulitnya, saya pun tidak bisa memahami teka-teki itu" Sorry sob. Lagipula saat itu saya cuma iseng2 baca koran, trus saya lihat artikel bagus, saya posting deh gan !

      Hapus
    2. @Ilham : Itu ada sedikit clue dari komentar anonim dibawah.

      Hapus
  5. Hmmm..... rontok rambutku mikir ini [-( :-?

    tolong gan posting yang lebih gampang dikit.

    hehehehehe. :-d :-d

    BalasHapus
  6. mentok .. [-)
    wah, gawat usia sya jdi berkurang nih

    heheheh

    BalasHapus
  7. sorry bro, setelah seminggu penuh saya baca artikel anda, saya sudah tau jawabannya. namun ini memang harus bertanya 3x. kalo anda mencari jawaban hanya dengan berfikir, saya jamin tak akan ketemu, hari ini saya coba dengan coret2an kertas, ternyata bisa. mungkin jawaban saya nantinya akan berbeda dengan stephan bools, tapi tetap bisa 3pertanyaan itu adalah 2 pertanyaan pertama pertanyaan yg sama, dan 1 pertanyaan terakhir berbeda, jika jawabannya iya dan iya(da dan da), atau tidak dan tidak(ja dan ja). maka petanyaan kunci diajukan ke orang yg belum ditanya. dan udah bisa tentukan siapa mereka, tapi jika dijawab seling da dan ja, maka ada 1 orang yg akan di tanya 2x. dan pertanyaannya berbeda. itu sedikit clue bantuan dari saya.hihihi semoga beruntung. maaf yg atas salah ketik dikit. akhirnya susah payah seminggu ini sakit.kepala, ada gunanya juga.hahahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kenapa harus minta maaf ? Justru saya yg berterimakasih. btw bagaimana cara anda mengetahui bahwa 'da' adalah 'ya' dan 'ja' adalah 'tidak' ? Ok, saya izin menambahkan clue ini ke posting bro !

      Hapus
    2. hehehe, sebenernya da dan ja itu ga berpengaruh apa2. itu bisa suka hati anda saja mentukan da untuk benar dan ja untuk salah. bukan karna saya hebad dan jago,jadi saya mau nyombongkan diri. setelah saya ketemu jawabannya saya kaget ternyata ada juga yg bisa jawab selain saya. jadi untuk tidak mengurangi rasa hormat saya, saya enggan untuk berbagi di blok ini.karna saya tidak mau dianggap sok pintar dan sok hebat. namun karna anda adalah orang yg bikin saya pusing seminggu ini, walaupun pusingnya ama teka-teki selama 5 tahun.kwkwkw sertakan saja balasan anda beserta e-mail. saya akan memberikan jawaban khusus untuk anda,lengkap beserta penjelasannya. dan saya harap anda tidak membocorkannya.

      Hapus
    3. selain itu, ada teman dan pacar saya yg sedang mengintai web anda. karna saya tidak ingin mereka mengerti jawabannya apa,saya juga tidak ingin memposting jawaban saya.biarlah jadi misteri buat yg lainnya serta buat teman dan pacar saya. rasanya banggalah kita bisa tau jawaban ini, dengan mengalahkan 20-30rb orang lainnya di indonesia.karna bukan cuman blok anda saja yg memposting pertanyaan ini. inget ya, kalo saya kirimkan jawaban dan penjelasannya, maka anda tidak akan mempublikasikan jawabannya.

      Hapus
    4. Wah kalau nggak diberitahu jawabannya tpp kok,saya berusaha mencari tahu sendiri saja. Sekali lagi thanks ya!

      Hapus
    5. hahaha, anda salah paham, saya justru mau kasih tau anda jawabannya + penjelasannya. namun saya hanya berharap anda tidak mempublikasikannya. jawab komentar saya ini dengan memberikan e-mail anda. thanks atas ijin komentar di blog anda

      Hapus
    6. ooo,... jadi begitu. Oke, saya tidak akan mempublikasikannya. Ini email saya oqif.10[at]gmail.com . (o)

      Hapus
  8. hehehe, sebenernya da dan ja itu ga berpengaruh apa2. itu bisa suka hati anda saja mentukan da untuk benar dan ja untuk salah. bukan karna saya hebad dan jago,jadi saya mau nyombongkan diri. setelah saya ketemu jawabannya saya kaget ternyata ada juga yg bisa jawab selain saya. jadi untuk tidak mengurangi rasa hormat saya, saya enggan untuk berbagi di blok ini.karna saya tidak mau dianggap sok pintar dan sok hebat. namun karna anda adalah orang yg bikin saya pusing seminggu ini, walaupun pusingnya ama teka-teki ini selama 5 tahun.dulu saya pernah dapat teka teki ini soalnya.kwkwkw sertakan saja balasan anda beserta e-mail. saya akan memberikan jawaban khusus untuk anda,lengkap beserta penjelasannya. dan saya harap anda tidak membocorkannya.selain itu, ada teman ( robby sugiarto) dan pacar saya( nofi liembara) (( jgn ngintip ya... sayang kwkwkwk)) yg sedang mengintai web anda. karna saya tidak ingin mereka mengerti jawabannya apa,saya juga tidak ingin memposting jawaban saya.biarlah jadi misteri buat yg lainnya serta buat teman dan pacar saya. rasanya banggalah kita bisa tau jawaban ini, dengan mengalahkan 20-30rb orang lainnya di indonesia.karna bukan cuman blok anda saja yg memposting pertanyaan ini. inget ya, kalo saya kirimkan jawaban dan penjelasannya, maka anda tidak akan mempublikasikan jawabannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. okey, saya hargai dan sangat senang dengan keputusan anda. saya akan bantu anda dengan 1 tips clue lagi.ini tipsnya dalam 3 pertanyaan itu selalu :di dalam 1 pertanyaan yg anda berikan, haruslah terkandung dua pertanyaan, yang harus saling berkaitan satu dengan lainnya. tetapi dewa hanya akan menjawab 1 kata da/ja, yg bisa membuat dia menjawab 2 pertanyaan itu sekaligus hanya dalam 1 x bertanya. anda harus tentukan dulu terserah sesuka anda da=iya, atau da=tidak. kalo saya sih da=y=ya dan ja=t=tidak, jadi lebih enak untuk dikalkulasikan di otak kalo y dan t, karna sama saja. trima kasih atas ijin posting di blog anda. kalo anda berubah pikiran bisa berikan email anda sampai akhir bulan ini. karna masih akan saya kunjungi. maaf saya minta pertanyaan lain yg sulit lagi yg lain yg belum terpecahkan ada ngga?

      Hapus
    2. udah masuk email saya? oqif.10@gmail.com kan? selamat menikmati. heheheh :)

      Hapus
    3. kalau yang di posting Teka Teki Tersulit Versi Einstein sudah dicoba ? kalau belum silahkan cek link ini : http://ilmumum.blogspot.com/2013/01/teka-teki-tersulit-versi-einstein.html

      Hapus
    4. udah, itu lebih gampang dari yg sekarang. kalo itu jawabannya orang jerman. karna dia yg tidak punya peliharaan apapun. tetapi kalo anda tidak terjemahkan dalam bahasa indonesia, itu bisa jadi orang norwegia, karna sijerman tidak dijelaskan lebih rinci dia suka pelihara binatang atau engga, bisa jadi dia tidak mau pelihara apapun. dan kenapa saya bilang norwegia, karna dia memelihara kucing(cat) , dan yg dicari adalah ikan (fish) jika di gabungkan, bisa jadi catfish( lele) diluar negeri banyak lele, tidak hanya di indonesia. tapi didunia ga ada yg namanya dogfish,birdfish,horsefish. sekian nalar saya.semoga bisa membantu.ada pertanyaan lain yg susah ditebak?

      Hapus
    5. Thanks, nalar anda bagus. (o)

      Hapus
    6. justru sikap seperti itu yang terkesan sok dan pelit ilmu.
      pemikiran yang aneh.

      Hapus
    7. Dimohon jangan menjelek-jelekkan admin maupun pengunjung lain. [-( Blog ini Damai ! Santai ! (f)

      Hapus
  9. Gampang Gan Kalo Benar Selau Berkata Benar Kita Cari Dulu Si Benar Nah Ntar Kita tanyain Ke si benar Yang Mana Si Salah Dan Si Acak

    Bner Gak jawaban saya ??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kan kita tidak tahu siapa yang benar ? Cara anda mencari siapa yang benar bagaimana ? :-)

      Hapus
  10. Jawabannya tergantung dari cara anda siapa yang ditanya lebih dari 2kali

    BalasHapus
  11. :)) thanks gan akhirnya aku ngerti, terima kasih atas ilmunya

    BalasHapus
  12. Petanyaan/Teka-Tekinya Dimana Gan :-? :-? [-( Kagak Keliatan Cong
    8-) 8-) 8-)https://lh5.googleusercontent.com/-PE2GWBseiGk/T2acYH_uNRI/AAAAAAAAChg/HloTeaRIdyQ/s36/09.gif pening

    BalasHapus
  13. Krim jwbnny k email k y, please
    adenurhidayat101294@gmail.com

    BalasHapus
  14. untuk pavola denota dan oqif. saya bukan pelit, tapi buat admin, bukannya sudah saya jelaskan jawabannya? apakah anda masih bingung. zzzz. lama saya tidak berkunjung ke sini. baiklah, untuk lebih jelasnya bagi yg belum tau jawaban, sebenernya banyak udah yg memecahkan di inet. saya malas menjelaskan panjang lebar, tapi saya akan beritahukan salah satu alamat yg memberikan jawaban " answers.yahoo.com/question/index?qid=20070908044301AAsKlRv " trima kasih untuk admin yg telah membela saya. makasih atas roomnya, semoga bisa membantu buat yg penasaran sekali kepengen tau bagaimana menjawabnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebenarnya, yang pertama, saya adalah adminnya. bisa dilihat dari label admin di sisi pojok kanan atas komentar ini, yang kedua, saya justru membela anda, saya tidak bilang anda pelit. :-? jadi yang bilang si pavola denota. Ketiga, saya minta maaf atas ketidaknyamananya. Saya sudah tahu, saya juga malas menjelaskan.

      Hapus
  15. gampang, 5 menit ketemu

    BalasHapus
  16. Untuk Menemukan si "Benar"

    Tanyakan kedua jawaban ini :
    1.Apakah dewa?
    2.Apakah jawaban anda tadi berarti "ya"?

    jika kedua jawabannya sama berarti itu si "Benar"

    BalasHapus
    Balasan
    1. Loh, kan tidak bisa begitu ? Kalau dewa yg menjawab, dewa acak / salah ? :-?

      Hapus
    2. '1=Dewa Benar
      '2=Dewa Salah
      '3=Dewa Acak

      #1 Apakah Anda Dewa?
      1 = pasti jawab ya {karena jujur)
      2 = pasti jawab tidak (karena berbohong)
      3 = bisa jawab ya atau tidak (karena acak)pada saat ini acuhkan dulu

      Sekarang masalahnya belum diketahui apa maksud mereka karena " anda tidak mengerti arti "da" dan "ja" yang mereka ucapkan. Bisa berarti "ya" atau "tidak".".Maka kita tanyakan pertanyaan kedua untuk memastikannya

      #2 Apakah jawaban anda tadi berarti ya?

      1 = pasti menjawab sama seperti jawaban dari pertanyaan pertama karena dia jujur bahwa dia adalah dewa dengan menjawab 'ya pada pertanyaan pertama dan jujur bahwa dia tadi menjawab ya dengan menjawab pertanyaan 'ya jga pada pertanyaan kali ini(da, da ataupun ja, ja)

      2 = pasti menjawab berbeda dari jawaban pertanyaan pertama karena dia berbohong bahwa dia adalah dewa dengan menjawab 'tidak pada pertanyaan pertama dan berbohong bahwa dia tadi menjawab tidak dengan menjawab 'ya pada pertanyaan kali ini(da, ja ataupun ja, da)

      3 = bisa menjawab ja/da, acuhkan dulu

      masalah kali ini terletak pada menentukan siapakah yang dewa acak, karena ia bisa menjawab sama seperti dewa salah atau dewa jujur.
      untuk memastikannya selanjutnya tanyakan 3 pertanyaan yang sudah pasti kebenarannya seperti:

      #3 Apakah anda mengerti bahasa saya?

      1 = pasti menjawab sama seperti jawaban sebelum-sebelumnya, karena jujur (ja, ja, ja atau da, da, da)

      2= pasti menjawab sama seperti jawaban dari pertanyaan pertama dan berbeda dari jawaban pertanyaan kedua, karena berbohong (da, ja, da atau ja, da, ja)

      3= bisa jawab ya atau tidak, acuhkan lagi kita akan menemukannya di akhir

      Setelah pertanyaan ketiga ini sudah bisa ditemukan identitas masing-masing dewa karena bisa diketahui dari urutan jawaban yang kita tanyakan NAMUN masalah kemungkinan masih ada JIKA urutan jawab dewa acak sama seperti dewa benar atau pun dewa salah:

      Urutan jawaban dan penentuan identitas:
      -ja, ja, ja atau da, da, da (ketiga jawabannya sama) = Pasti dewa benar
      -da, ja, da atau ja, da, ja (jawaban pertama berbeda dengan jawaban kedua, dan jawaban ketiga sama dengan jawaban pertama) = Pasti dewa salah
      -Selain dari urutan jawaban diatas pasti dewa acak

      Jika ada urutan jawaban yang sama karena kemungkinan dari dewa acak yang menjawab sama dengan dewa benar atau dewa salah maka tanyakanlah terus pertanyaan yang sudah tentu jawabannya 'iya sampai tidak ada lagi urutan jawaban yang sama diantara jawaban ketiga dewa tersebut

      Note: Urutan jawaban dewa benar pasti sama semua

      Urutan jawaban dewa salah untuk seterusnya pasti sama dengan jawaban pertanyaan ke tiga

      Selain urutan jawaban diatas itu adalah dewa acak

      Hapus
    3. kita hanya bertanya kepada dua dewa dgn 3 pertanyaan. kemungkingannya ada
      Tapi SUSAH kalo dewa 1 jawab pertannyaan pertama "da" dan pertanyaan ke dua juga "da" sedangkan dewa ke 2 jawabnya "ja"
      atau dewa 1 jawab pertannyaan pertamanya "ja" dan pertannyaan ke duanya "ja" sedangkan dewa ke 2 jawabnya "da"
      dua urutan di atas TIDAK bisa menentukan dewa ke 2 yang di kasih 1 pertannyaan karena dewa dua masih memiliki 2 kemungkinan.
      urutan pertama dewa 1 pasti dewa "da" tp yg kedua bisa dewa "ja' atau dewa "acak"
      urutan ke dua dewa 1 pasti dewa "ja" tp dewa kedua bisa dewa "da" atau dewa "acak"
      selain pola di atas sudah pasti bisa menentukan identitas dewa dgn 3 pertannyaan.

      suwun

      Hapus
  17. sebenernya anda cukup pintar dibaning yang lain.. tapi belom pintar.. setidaknya punya pemikiran lah..bisa jalan otaknya...

    rulenya.. 1 dewa di kasih 1 pertanyaan... bukan 3 pertanyaan terhadap 3 dewa.. kalo seperti itu berarti total jawabannya adalah 9... ingat kamu cuma bisa bertanya 3 pertanyaan ke salah satu dewa saja..kalo murid sudah saya angkat jadi asisten saya kamu..lumayan soalnya

    saya sudah tau jawabannya .. saya ga kenal goerge booloos... kuncinya hanya dengan mempertajam logika kamu

    BalasHapus
  18. Maav cuman mau ngasih masukan saja, aku tidak tertarik mencari jawabannya tapi aku hanya ingin memberi proses menjawabnya :
    1. Saat membaca artikelnya si pembuat sudah tertulis bahwa yg membuat adalah ahli filsafat dan matematika jadi sudah pasti akan mengarah seperti apa jawabannya kan ^^
    2. ahli matematika = dia menggunakan rumus persamaan (agan2 mengerti kan tentang rumus persamaan) "pelajaran SMA/SMK kelas 2. ya seperti itu yg di gunakan untuk mencari jawabannya nanti
    3. ahli filsafat = dia sengaja membuat kata2 agar lebih sulit dimengerti oleh si pembaca, dengan memanfaatkan rumus persamaan yg telah dibuat, dia mengganti obyeknya dengan nama dewa A,B,C, dan di pertanyaan dan jawaban ya / tidak ....
    4. ketika udah di tulis secara matematik, tinggal di hitung aja itu entar akan ketemu mana dewa acak, jujur, dan bohong ^^
    5. SEMANGAT BELAJAR ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gayane sok pinter,
      tapi jwbnya cuma gitu,
      anak SD juga bisa jwb gitu
      :-) (h)
      TuLis aja di sini rumus2 dan fiLsafat-mu itu...!!!

      Hapus
  19. @jenius, klu jawaban versi anda gimana? Bisa tolong dishare?

    BalasHapus
  20. Gampang gan. Clue nya udah jelas. Kalau masih belum bisa, mungkin otaknya bermasalah.

    BalasHapus
  21. klo menurut sy jawabanya gaada satupun yg bisa jawab soalnya pas di clue si acak ngasih jawaban klo dia ngelempar koin di otak tp itu kan gamungkin kan.trus mereka bisa ngerti yg kita omongin tp kita kan ga ngerti trus drmn kitahu da ama aja sm aja kayak kita nanya trus ga ngerti jd hasilnya gaada jawaban

    BalasHapus
  22. HaHaHa... saya mau coba menjawab, murni ide saya:
    Ketentuan anda:
    Dewa tertentu dapat ditanyai lebih dari satu pertanyaan (dengan begitu dewa lain boleh tidak ditanya sama sekali).
    "Boleh" khan, bukan "harus", pokoknya maksimaL 3 pertanyaan. Nah...
    Pertama, Saya akan bercerita dulu di depan ke-3 Dewa (atau apapun itu).
    "Begini, di bumi ada dua Desa yg penduduknya saling berLainan sifatnya, sebut aja Desa X dan Desa Y. Seluruh penduduk Desa X memiliki sifat selalu Jujur, sebaliknya, seluruh penduduk Desa Y selalu berBohong."
    Lalu pasti mereka hanya menjawab "da" atau "ja" yg kita tidak tau artinya mana yg "ya" dan "tidak" khan...
    Nah, 3 pertanyaan Saya utk ke-3 Dewa tsb sekaligus:
    1. Jika anda di-ibaratkan sebagai penduduk bumi, kira2 anda termasuk penduduk Desa X kah?
    - Dewa Jujur jwb: Ya (jujur)
    - Dewa Bohong jwb: Ya (bohong)
    - Dewa Acak jwb: mungkin Ya, mungkin Tidak (asaL)

    2. Kalau demikian, ke Desa manakah saya harus tinggal agar saya bisa seperti anda, apakah benar saya harus ke Desa X?
    - Dewa Jujur jwb: Ya (ingin saya jd orang jujur)
    - Dewa Bohong jwb: Tidak (ingin saya jd orang bohong)
    - Dewa Acak jwb: mungkin dia jwb Ya, mungkin juga dia jwb Tidak (asal bin ngaco).
    (Sudah ketahuan 2 identitas Dewa, yaitu Dewa Jujur yg SELALU menjawab Ya, & Dewa Bohong yg TIDAK KONSISTEN, pertama jwb Ya dan lalu jwb Tidak, tapi masih ada kemungkinan identitas Dewa Acak belum diketahui karena bisa jadi jwbannya sama dgn Dewa Jujur atau Dewa Bohong).

    3. (Nah, karena ada si Dewa Acak jelek yg jwb asaL2an ini, makanya Saya buat pertanyaan yg ke-3, yg tidak lain itu adalah pertanyaan yg sama dgn pertanyaan saya yg pertama, hehehe.)
    Jika anda di-ibaratkan sebagai penduduk bumi, kira2 anda termasuk penduduk Desa X kah?
    - Dewa Jujur jwb: Ya (jujur)
    - Dewa Bohong jwb: Ya (bohong)
    - Dewa Acak jwb: (jika tadi dia jwb Ya, pasti sekarang jwbannya Tidak, acak aLias ngasaL bin ngaco towh).
    Beres dah :D ketahuan deh identitas ke-3 Dewa tsb.
    Hoooorrreeeeee, daku udah bisa ngaLahin Dewa :D (h)
    Ada yg mau kritik/protes? SiLahkan kasih soLusi juga, thanks before, bro!

    BalasHapus
  23. Untuk pertanyaan yang kedua khusus buat dewa bohong jelas nya gini kan "apakah saya harus tinggal di desa jujur jika saya ingin menjadi pembohong" seharus nya ia menjawab "iya" kan ia berbohong, kenapa anda menjawab nya tidak, berarti ia jujur dong. (Coba agak diputer sedikit otak nya)

    BalasHapus
  24. Kirim jawabannya ke:
    sakuranokagi [at] gmail [dot] com

    BalasHapus
  25. wahhh saya masih kurang paham dengan apa yang dimaksud di atas gan?
    maksud di atas itu seperti apa?
    terimkasih ;)

    BalasHapus
  26. ohhh giman nalarnya [-( aquuulagy dizzy =p~

    BalasHapus
  27. mungkin aqu uadag mulai agak paham ama jawabannya ,,, keren jugha teka-tekinya,,, its amazing gan :)

    BalasHapus

Catatan:
Untuk menyisipkan kode, gunakan tag <i rel="pre">KODE ANDA DI SINI...</i>
Untuk menyisipkan gambar, gunakan tag <i rel="image">URL GAMBAR ANDA DI SINI...</i>
Untuk menyisipkan judul, gunakan tag <b rel="h3">JUDUL ANDA DI SINI...</b>
Untuk menyisipkan catatan, gunakan tag <b rel="quote">CATATAN ANDA DI SINI...</b>
Untuk menciptakan efek tebal gunakan tag <b>TEKS ANDA DI SINI...</b>
Untuk menciptakan efek huruf miring gunakan tag <i>TEKS ANDA DI SINI...</i>

Jika ingin menuliskan kode pada komentar harap gunakan Tool untuk mengkonversi kode tersebut agar kode bisa muncul dan jelas atau gunakan tool dibawah "Konversi Kode di Sini!".

 
Top