Anda mungkin pernah memecahkan teka-teki biasa. Tetapi teka-teki ini buatan sang Pakar Filsafat dan Matematika Oxford University, George Boolos (Wah, berarti sering bolos dong !). Tidak, kita tidak boleh menjelek-jelekkan orang yang sudah jelek. Nah, kembali ke laptop, teka-teki ini sangat sulit. Sehingga perlu menguras pikiran untuk memecahkannya. Saking sulitnya, saya pun tidak bisa memahami teka-teki itu. Anda Bisa ? Buktikan !


George Stephen Boolos

Nah, inilah isi teka-tekinya. Tiga Dewa A,B, dan C, tidak dalam urutan tertentu, Biasa dipanggil dengan Benar, Salah, dan Acak. Benar selalu berbicara jujur, Salah selalu berbicara bohong. Acak selalu berbicara jujur atau bohong secara acak. Tugas Anda adalah menentukan identitas Dewa A, B, dan C dengan menanyakan tiga pertanyaan dengan jawaban "ya" atau "tidak". Setiap pertanyaan harus ditanyakan tepat pada satu Dewa. Dewa-dewa tersebut mengerti bahasa yang anda gunakan, tetapi akan menjawab semua pertanyaan dalam bahasa mereka. Namun mereka hanya mengatakan "da" dan "ja" untuk mengatakan "ya" atau "tidak" dalam urutan tertentu. Namun anda tidak mengerti arti "da" dan "ja" yang mereka ucapkan. Bisa berarti "ya" atau "tidak".

Penjelasan Tambahan :
-Dewa tertentu dapat ditanyai lebih dari satu pertanyaan ( dengan begitu dewa lain boleh tidak ditanya sama sekali. )
- Pertanyaan kedua dapat berkaitan dengan pertanyaan pertama. ( dan berkaitan dengan pertanyaan ketiga ), termasuk pada dewa kemana pertanyaan itu diberikan.
- Jawaban Acak benar atau salahnya hanya diketahui dengan cara tertentu. Ia diibaratkan melempar koin di otaknya, dimana jika koin yang dilempar muncul gambar, Acak berujar benar. Jika muncul angka berarti dia berbohong.

Ada yang bisa ? Kalau bisa mungkin IQ anda sangatlah tinggi. Sepertinya hanya ahlinya yang bisa. Atau mungkin Albert Einstein, misalkan ia masih hidup bisa memecahkannya. Orang yang saya tahu pasti bisa memecahkannya, adalah George Boolos. Hehehe...

Update !!! 20/05/13

Ada sebuah clue dari anonim ( asli tanpa ada pengubahan ) :
"sorry bro, setelah seminggu penuh saya baca artikel anda, saya sudah tau jawabannya. namun ini memang harus bertanya 3x. kalo anda mencari jawaban hanya dengan berfikir, saya jamin tak akan ketemu, hari ini saya coba dengan coret2an kertas, ternyata bisa. mungkin jawaban saya nantinya akan berbeda dengan stephan bools, tapi tetap bisa 3pertanyaan itu adalah 2 pertanyaan pertama pertanyaan yg sama, dan 1 pertanyaan terakhir berbeda, jika jawabannya iya dan iya(da dan da), atau tidak dan tidak(ja dan ja). maka petanyaan kunci diajukan ke orang yg belum ditanya. dan udah bisa tentukan siapa mereka, tapi jika dijawab seling da dan ja, maka ada 1 orang yg akan di tanya 2x. dan pertanyaannya berbeda. itu sedikit clue bantuan dari saya.hihihi semoga beruntung. maaf yg atas salah ketik dikit. akhirnya susah payah seminggu ini sakit.kepala, ada gunanya juga.hahahaha" ( thanks for anonim )

Masih kurang ? Anda bisa cek Teka - Teki Tersulit Versi Einstein dan Teka - Teki Sulit Terbaik.


TINGKAT KESULITAN : VERY HARD

126 komentar:

  1. Balasan
    1. ok, sumbernya jangan lupa ya ! :)

      Hapus
    2. jawaban yang benar adalah
      1.tanyakan pada dewa jujur 2 pertanyaan yaitu...
      a)apakah anda dewa...
      b)apakah dewa acak atau C itu dewa
      2.tanyakan pada dewa bohong apakah dia dewa...
      ... ini menurut analisa saya...

      Hapus
  2. hmmmmm *berpikir keras* hahaha

    BalasHapus
  3. saia mengerti gan,
    tapi susah jelasinnya

    BalasHapus
  4. Asyik nih, tapi nggak bisa jawabnya sob. kasih jawabannya dong! udah muter2 nih mikir buat ngejawabnya. ;(

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba perhatikan kata-kata saya : "Saking sulitnya, saya pun tidak bisa memahami teka-teki itu" Sorry sob. Lagipula saat itu saya cuma iseng2 baca koran, trus saya lihat artikel bagus, saya posting deh gan !

      Hapus
    2. @Ilham : Itu ada sedikit clue dari komentar anonim dibawah.

      Hapus
    3. Ja adalah kata untuk ya dlam hampir semua bahsa, clunya dia adlah matematikawan dan filosof, garis bawahi filosof, kemungkinan untuk menjawab benar hanya 33.33%

      Hapus
  5. Hmmm..... rontok rambutku mikir ini [-( :-?

    tolong gan posting yang lebih gampang dikit.

    hehehehehe. :-d :-d

    BalasHapus
  6. mentok .. [-)
    wah, gawat usia sya jdi berkurang nih

    heheheh

    BalasHapus
  7. sorry bro, setelah seminggu penuh saya baca artikel anda, saya sudah tau jawabannya. namun ini memang harus bertanya 3x. kalo anda mencari jawaban hanya dengan berfikir, saya jamin tak akan ketemu, hari ini saya coba dengan coret2an kertas, ternyata bisa. mungkin jawaban saya nantinya akan berbeda dengan stephan bools, tapi tetap bisa 3pertanyaan itu adalah 2 pertanyaan pertama pertanyaan yg sama, dan 1 pertanyaan terakhir berbeda, jika jawabannya iya dan iya(da dan da), atau tidak dan tidak(ja dan ja). maka petanyaan kunci diajukan ke orang yg belum ditanya. dan udah bisa tentukan siapa mereka, tapi jika dijawab seling da dan ja, maka ada 1 orang yg akan di tanya 2x. dan pertanyaannya berbeda. itu sedikit clue bantuan dari saya.hihihi semoga beruntung. maaf yg atas salah ketik dikit. akhirnya susah payah seminggu ini sakit.kepala, ada gunanya juga.hahahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kenapa harus minta maaf ? Justru saya yg berterimakasih. btw bagaimana cara anda mengetahui bahwa 'da' adalah 'ya' dan 'ja' adalah 'tidak' ? Ok, saya izin menambahkan clue ini ke posting bro !

      Hapus
    2. hehehe, sebenernya da dan ja itu ga berpengaruh apa2. itu bisa suka hati anda saja mentukan da untuk benar dan ja untuk salah. bukan karna saya hebad dan jago,jadi saya mau nyombongkan diri. setelah saya ketemu jawabannya saya kaget ternyata ada juga yg bisa jawab selain saya. jadi untuk tidak mengurangi rasa hormat saya, saya enggan untuk berbagi di blok ini.karna saya tidak mau dianggap sok pintar dan sok hebat. namun karna anda adalah orang yg bikin saya pusing seminggu ini, walaupun pusingnya ama teka-teki selama 5 tahun.kwkwkw sertakan saja balasan anda beserta e-mail. saya akan memberikan jawaban khusus untuk anda,lengkap beserta penjelasannya. dan saya harap anda tidak membocorkannya.

      Hapus
    3. selain itu, ada teman dan pacar saya yg sedang mengintai web anda. karna saya tidak ingin mereka mengerti jawabannya apa,saya juga tidak ingin memposting jawaban saya.biarlah jadi misteri buat yg lainnya serta buat teman dan pacar saya. rasanya banggalah kita bisa tau jawaban ini, dengan mengalahkan 20-30rb orang lainnya di indonesia.karna bukan cuman blok anda saja yg memposting pertanyaan ini. inget ya, kalo saya kirimkan jawaban dan penjelasannya, maka anda tidak akan mempublikasikan jawabannya.

      Hapus
    4. Wah kalau nggak diberitahu jawabannya tpp kok,saya berusaha mencari tahu sendiri saja. Sekali lagi thanks ya!

      Hapus
    5. hahaha, anda salah paham, saya justru mau kasih tau anda jawabannya + penjelasannya. namun saya hanya berharap anda tidak mempublikasikannya. jawab komentar saya ini dengan memberikan e-mail anda. thanks atas ijin komentar di blog anda

      Hapus
    6. ooo,... jadi begitu. Oke, saya tidak akan mempublikasikannya. Ini email saya oqif.10[at]gmail.com . (o)

      Hapus
    7. mohon maaf min di situ tertulis bahwa kita tidak mengerti da itu apa dan ja itu apa, mengapa anda bisa mengetahui bahwa da itu kita bisa artikan (iya) sedangkan ja itu (bukan)? hehe
      :d

      Hapus
    8. Min saya pusing min .. rontok rbut saya min .. kasih saya jawabannya min .. biar plong...

      Imamzabrix@gmail.com

      Hapus
    9. Maaf saya terlalu pelit, kini saya berubah pikiran. Sebenarnya jawaban teka teki saya dapat dari http://www.teka-teki.com/2016/05/jawaban-teka-teki-tersulit-koin-dewa.html
      hehe, disna lengkap plus pnjelesannya

      Hapus
  8. hehehe, sebenernya da dan ja itu ga berpengaruh apa2. itu bisa suka hati anda saja mentukan da untuk benar dan ja untuk salah. bukan karna saya hebad dan jago,jadi saya mau nyombongkan diri. setelah saya ketemu jawabannya saya kaget ternyata ada juga yg bisa jawab selain saya. jadi untuk tidak mengurangi rasa hormat saya, saya enggan untuk berbagi di blok ini.karna saya tidak mau dianggap sok pintar dan sok hebat. namun karna anda adalah orang yg bikin saya pusing seminggu ini, walaupun pusingnya ama teka-teki ini selama 5 tahun.dulu saya pernah dapat teka teki ini soalnya.kwkwkw sertakan saja balasan anda beserta e-mail. saya akan memberikan jawaban khusus untuk anda,lengkap beserta penjelasannya. dan saya harap anda tidak membocorkannya.selain itu, ada teman ( robby sugiarto) dan pacar saya( nofi liembara) (( jgn ngintip ya... sayang kwkwkwk)) yg sedang mengintai web anda. karna saya tidak ingin mereka mengerti jawabannya apa,saya juga tidak ingin memposting jawaban saya.biarlah jadi misteri buat yg lainnya serta buat teman dan pacar saya. rasanya banggalah kita bisa tau jawaban ini, dengan mengalahkan 20-30rb orang lainnya di indonesia.karna bukan cuman blok anda saja yg memposting pertanyaan ini. inget ya, kalo saya kirimkan jawaban dan penjelasannya, maka anda tidak akan mempublikasikan jawabannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. okey, saya hargai dan sangat senang dengan keputusan anda. saya akan bantu anda dengan 1 tips clue lagi.ini tipsnya dalam 3 pertanyaan itu selalu :di dalam 1 pertanyaan yg anda berikan, haruslah terkandung dua pertanyaan, yang harus saling berkaitan satu dengan lainnya. tetapi dewa hanya akan menjawab 1 kata da/ja, yg bisa membuat dia menjawab 2 pertanyaan itu sekaligus hanya dalam 1 x bertanya. anda harus tentukan dulu terserah sesuka anda da=iya, atau da=tidak. kalo saya sih da=y=ya dan ja=t=tidak, jadi lebih enak untuk dikalkulasikan di otak kalo y dan t, karna sama saja. trima kasih atas ijin posting di blog anda. kalo anda berubah pikiran bisa berikan email anda sampai akhir bulan ini. karna masih akan saya kunjungi. maaf saya minta pertanyaan lain yg sulit lagi yg lain yg belum terpecahkan ada ngga?

      Hapus
    2. udah masuk email saya? oqif.10@gmail.com kan? selamat menikmati. heheheh :)

      Hapus
    3. kalau yang di posting Teka Teki Tersulit Versi Einstein sudah dicoba ? kalau belum silahkan cek link ini : http://ilmumum.blogspot.com/2013/01/teka-teki-tersulit-versi-einstein.html

      Hapus
    4. udah, itu lebih gampang dari yg sekarang. kalo itu jawabannya orang jerman. karna dia yg tidak punya peliharaan apapun. tetapi kalo anda tidak terjemahkan dalam bahasa indonesia, itu bisa jadi orang norwegia, karna sijerman tidak dijelaskan lebih rinci dia suka pelihara binatang atau engga, bisa jadi dia tidak mau pelihara apapun. dan kenapa saya bilang norwegia, karna dia memelihara kucing(cat) , dan yg dicari adalah ikan (fish) jika di gabungkan, bisa jadi catfish( lele) diluar negeri banyak lele, tidak hanya di indonesia. tapi didunia ga ada yg namanya dogfish,birdfish,horsefish. sekian nalar saya.semoga bisa membantu.ada pertanyaan lain yg susah ditebak?

      Hapus
    5. Thanks, nalar anda bagus. (o)

      Hapus
    6. justru sikap seperti itu yang terkesan sok dan pelit ilmu.
      pemikiran yang aneh.

      Hapus
    7. Dimohon jangan menjelek-jelekkan admin maupun pengunjung lain. [-( Blog ini Damai ! Santai ! (f)

      Hapus
    8. Bodoh... itu teka teka teki real logika dr albert einstein, bukan nalar...
      Saya sudah memecahkan teka teki itu setelah 1 th lebih berfikir.

      Hapus
    9. Hahahaha 1 thn untuk mecahkan teka teki albert einstein? Brrti trmasuk orng hhmm
      Ane cuma 3 hari.
      Dasar lu begok. Sombong banget lu. Jari tengah sama lu.

      Hapus
  9. Gampang Gan Kalo Benar Selau Berkata Benar Kita Cari Dulu Si Benar Nah Ntar Kita tanyain Ke si benar Yang Mana Si Salah Dan Si Acak

    Bner Gak jawaban saya ??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kan kita tidak tahu siapa yang benar ? Cara anda mencari siapa yang benar bagaimana ? :-)

      Hapus
  10. Jawabannya tergantung dari cara anda siapa yang ditanya lebih dari 2kali

    BalasHapus
  11. :)) thanks gan akhirnya aku ngerti, terima kasih atas ilmunya

    BalasHapus
  12. Petanyaan/Teka-Tekinya Dimana Gan :-? :-? [-( Kagak Keliatan Cong
    8-) 8-) 8-)https://lh5.googleusercontent.com/-PE2GWBseiGk/T2acYH_uNRI/AAAAAAAAChg/HloTeaRIdyQ/s36/09.gif pening

    BalasHapus
  13. Krim jwbnny k email k y, please
    adenurhidayat101294@gmail.com

    BalasHapus
  14. untuk pavola denota dan oqif. saya bukan pelit, tapi buat admin, bukannya sudah saya jelaskan jawabannya? apakah anda masih bingung. zzzz. lama saya tidak berkunjung ke sini. baiklah, untuk lebih jelasnya bagi yg belum tau jawaban, sebenernya banyak udah yg memecahkan di inet. saya malas menjelaskan panjang lebar, tapi saya akan beritahukan salah satu alamat yg memberikan jawaban " answers.yahoo.com/question/index?qid=20070908044301AAsKlRv " trima kasih untuk admin yg telah membela saya. makasih atas roomnya, semoga bisa membantu buat yg penasaran sekali kepengen tau bagaimana menjawabnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebenarnya, yang pertama, saya adalah adminnya. bisa dilihat dari label admin di sisi pojok kanan atas komentar ini, yang kedua, saya justru membela anda, saya tidak bilang anda pelit. :-? jadi yang bilang si pavola denota. Ketiga, saya minta maaf atas ketidaknyamananya. Saya sudah tahu, saya juga malas menjelaskan.

      Hapus
  15. gampang, 5 menit ketemu

    BalasHapus
  16. Untuk Menemukan si "Benar"

    Tanyakan kedua jawaban ini :
    1.Apakah dewa?
    2.Apakah jawaban anda tadi berarti "ya"?

    jika kedua jawabannya sama berarti itu si "Benar"

    BalasHapus
    Balasan
    1. Loh, kan tidak bisa begitu ? Kalau dewa yg menjawab, dewa acak / salah ? :-?

      Hapus
    2. '1=Dewa Benar
      '2=Dewa Salah
      '3=Dewa Acak

      #1 Apakah Anda Dewa?
      1 = pasti jawab ya {karena jujur)
      2 = pasti jawab tidak (karena berbohong)
      3 = bisa jawab ya atau tidak (karena acak)pada saat ini acuhkan dulu

      Sekarang masalahnya belum diketahui apa maksud mereka karena " anda tidak mengerti arti "da" dan "ja" yang mereka ucapkan. Bisa berarti "ya" atau "tidak".".Maka kita tanyakan pertanyaan kedua untuk memastikannya

      #2 Apakah jawaban anda tadi berarti ya?

      1 = pasti menjawab sama seperti jawaban dari pertanyaan pertama karena dia jujur bahwa dia adalah dewa dengan menjawab 'ya pada pertanyaan pertama dan jujur bahwa dia tadi menjawab ya dengan menjawab pertanyaan 'ya jga pada pertanyaan kali ini(da, da ataupun ja, ja)

      2 = pasti menjawab berbeda dari jawaban pertanyaan pertama karena dia berbohong bahwa dia adalah dewa dengan menjawab 'tidak pada pertanyaan pertama dan berbohong bahwa dia tadi menjawab tidak dengan menjawab 'ya pada pertanyaan kali ini(da, ja ataupun ja, da)

      3 = bisa menjawab ja/da, acuhkan dulu

      masalah kali ini terletak pada menentukan siapakah yang dewa acak, karena ia bisa menjawab sama seperti dewa salah atau dewa jujur.
      untuk memastikannya selanjutnya tanyakan 3 pertanyaan yang sudah pasti kebenarannya seperti:

      #3 Apakah anda mengerti bahasa saya?

      1 = pasti menjawab sama seperti jawaban sebelum-sebelumnya, karena jujur (ja, ja, ja atau da, da, da)

      2= pasti menjawab sama seperti jawaban dari pertanyaan pertama dan berbeda dari jawaban pertanyaan kedua, karena berbohong (da, ja, da atau ja, da, ja)

      3= bisa jawab ya atau tidak, acuhkan lagi kita akan menemukannya di akhir

      Setelah pertanyaan ketiga ini sudah bisa ditemukan identitas masing-masing dewa karena bisa diketahui dari urutan jawaban yang kita tanyakan NAMUN masalah kemungkinan masih ada JIKA urutan jawab dewa acak sama seperti dewa benar atau pun dewa salah:

      Urutan jawaban dan penentuan identitas:
      -ja, ja, ja atau da, da, da (ketiga jawabannya sama) = Pasti dewa benar
      -da, ja, da atau ja, da, ja (jawaban pertama berbeda dengan jawaban kedua, dan jawaban ketiga sama dengan jawaban pertama) = Pasti dewa salah
      -Selain dari urutan jawaban diatas pasti dewa acak

      Jika ada urutan jawaban yang sama karena kemungkinan dari dewa acak yang menjawab sama dengan dewa benar atau dewa salah maka tanyakanlah terus pertanyaan yang sudah tentu jawabannya 'iya sampai tidak ada lagi urutan jawaban yang sama diantara jawaban ketiga dewa tersebut

      Note: Urutan jawaban dewa benar pasti sama semua

      Urutan jawaban dewa salah untuk seterusnya pasti sama dengan jawaban pertanyaan ke tiga

      Selain urutan jawaban diatas itu adalah dewa acak

      Hapus
    3. kita hanya bertanya kepada dua dewa dgn 3 pertanyaan. kemungkingannya ada
      Tapi SUSAH kalo dewa 1 jawab pertannyaan pertama "da" dan pertanyaan ke dua juga "da" sedangkan dewa ke 2 jawabnya "ja"
      atau dewa 1 jawab pertannyaan pertamanya "ja" dan pertannyaan ke duanya "ja" sedangkan dewa ke 2 jawabnya "da"
      dua urutan di atas TIDAK bisa menentukan dewa ke 2 yang di kasih 1 pertannyaan karena dewa dua masih memiliki 2 kemungkinan.
      urutan pertama dewa 1 pasti dewa "da" tp yg kedua bisa dewa "ja' atau dewa "acak"
      urutan ke dua dewa 1 pasti dewa "ja" tp dewa kedua bisa dewa "da" atau dewa "acak"
      selain pola di atas sudah pasti bisa menentukan identitas dewa dgn 3 pertannyaan.

      suwun

      Hapus
  17. sebenernya anda cukup pintar dibaning yang lain.. tapi belom pintar.. setidaknya punya pemikiran lah..bisa jalan otaknya...

    rulenya.. 1 dewa di kasih 1 pertanyaan... bukan 3 pertanyaan terhadap 3 dewa.. kalo seperti itu berarti total jawabannya adalah 9... ingat kamu cuma bisa bertanya 3 pertanyaan ke salah satu dewa saja..kalo murid sudah saya angkat jadi asisten saya kamu..lumayan soalnya

    saya sudah tau jawabannya .. saya ga kenal goerge booloos... kuncinya hanya dengan mempertajam logika kamu

    BalasHapus
  18. Maav cuman mau ngasih masukan saja, aku tidak tertarik mencari jawabannya tapi aku hanya ingin memberi proses menjawabnya :
    1. Saat membaca artikelnya si pembuat sudah tertulis bahwa yg membuat adalah ahli filsafat dan matematika jadi sudah pasti akan mengarah seperti apa jawabannya kan ^^
    2. ahli matematika = dia menggunakan rumus persamaan (agan2 mengerti kan tentang rumus persamaan) "pelajaran SMA/SMK kelas 2. ya seperti itu yg di gunakan untuk mencari jawabannya nanti
    3. ahli filsafat = dia sengaja membuat kata2 agar lebih sulit dimengerti oleh si pembaca, dengan memanfaatkan rumus persamaan yg telah dibuat, dia mengganti obyeknya dengan nama dewa A,B,C, dan di pertanyaan dan jawaban ya / tidak ....
    4. ketika udah di tulis secara matematik, tinggal di hitung aja itu entar akan ketemu mana dewa acak, jujur, dan bohong ^^
    5. SEMANGAT BELAJAR ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gayane sok pinter,
      tapi jwbnya cuma gitu,
      anak SD juga bisa jwb gitu
      :-) (h)
      TuLis aja di sini rumus2 dan fiLsafat-mu itu...!!!

      Hapus
    2. @anonim : jangan terlalu meremehkan orang , setiap individu berbeda pendapat broo !

      Hapus
  19. @jenius, klu jawaban versi anda gimana? Bisa tolong dishare?

    BalasHapus
  20. Gampang gan. Clue nya udah jelas. Kalau masih belum bisa, mungkin otaknya bermasalah.

    BalasHapus
  21. klo menurut sy jawabanya gaada satupun yg bisa jawab soalnya pas di clue si acak ngasih jawaban klo dia ngelempar koin di otak tp itu kan gamungkin kan.trus mereka bisa ngerti yg kita omongin tp kita kan ga ngerti trus drmn kitahu da ama aja sm aja kayak kita nanya trus ga ngerti jd hasilnya gaada jawaban

    BalasHapus
  22. HaHaHa... saya mau coba menjawab, murni ide saya:
    Ketentuan anda:
    Dewa tertentu dapat ditanyai lebih dari satu pertanyaan (dengan begitu dewa lain boleh tidak ditanya sama sekali).
    "Boleh" khan, bukan "harus", pokoknya maksimaL 3 pertanyaan. Nah...
    Pertama, Saya akan bercerita dulu di depan ke-3 Dewa (atau apapun itu).
    "Begini, di bumi ada dua Desa yg penduduknya saling berLainan sifatnya, sebut aja Desa X dan Desa Y. Seluruh penduduk Desa X memiliki sifat selalu Jujur, sebaliknya, seluruh penduduk Desa Y selalu berBohong."
    Lalu pasti mereka hanya menjawab "da" atau "ja" yg kita tidak tau artinya mana yg "ya" dan "tidak" khan...
    Nah, 3 pertanyaan Saya utk ke-3 Dewa tsb sekaligus:
    1. Jika anda di-ibaratkan sebagai penduduk bumi, kira2 anda termasuk penduduk Desa X kah?
    - Dewa Jujur jwb: Ya (jujur)
    - Dewa Bohong jwb: Ya (bohong)
    - Dewa Acak jwb: mungkin Ya, mungkin Tidak (asaL)

    2. Kalau demikian, ke Desa manakah saya harus tinggal agar saya bisa seperti anda, apakah benar saya harus ke Desa X?
    - Dewa Jujur jwb: Ya (ingin saya jd orang jujur)
    - Dewa Bohong jwb: Tidak (ingin saya jd orang bohong)
    - Dewa Acak jwb: mungkin dia jwb Ya, mungkin juga dia jwb Tidak (asal bin ngaco).
    (Sudah ketahuan 2 identitas Dewa, yaitu Dewa Jujur yg SELALU menjawab Ya, & Dewa Bohong yg TIDAK KONSISTEN, pertama jwb Ya dan lalu jwb Tidak, tapi masih ada kemungkinan identitas Dewa Acak belum diketahui karena bisa jadi jwbannya sama dgn Dewa Jujur atau Dewa Bohong).

    3. (Nah, karena ada si Dewa Acak jelek yg jwb asaL2an ini, makanya Saya buat pertanyaan yg ke-3, yg tidak lain itu adalah pertanyaan yg sama dgn pertanyaan saya yg pertama, hehehe.)
    Jika anda di-ibaratkan sebagai penduduk bumi, kira2 anda termasuk penduduk Desa X kah?
    - Dewa Jujur jwb: Ya (jujur)
    - Dewa Bohong jwb: Ya (bohong)
    - Dewa Acak jwb: (jika tadi dia jwb Ya, pasti sekarang jwbannya Tidak, acak aLias ngasaL bin ngaco towh).
    Beres dah :D ketahuan deh identitas ke-3 Dewa tsb.
    Hoooorrreeeeee, daku udah bisa ngaLahin Dewa :D (h)
    Ada yg mau kritik/protes? SiLahkan kasih soLusi juga, thanks before, bro!

    BalasHapus
  23. Untuk pertanyaan yang kedua khusus buat dewa bohong jelas nya gini kan "apakah saya harus tinggal di desa jujur jika saya ingin menjadi pembohong" seharus nya ia menjawab "iya" kan ia berbohong, kenapa anda menjawab nya tidak, berarti ia jujur dong. (Coba agak diputer sedikit otak nya)

    BalasHapus
  24. Kirim jawabannya ke:
    sakuranokagi [at] gmail [dot] com

    BalasHapus
  25. wahhh saya masih kurang paham dengan apa yang dimaksud di atas gan?
    maksud di atas itu seperti apa?
    terimkasih ;)

    BalasHapus
  26. ohhh giman nalarnya [-( aquuulagy dizzy =p~

    BalasHapus
  27. mungkin aqu uadag mulai agak paham ama jawabannya ,,, keren jugha teka-tekinya,,, its amazing gan :)

    BalasHapus
  28. teka - teki ini lebih mengarah pada sudut pandang masing - masing individu, teka - teki yang menarik.

    BalasHapus
  29. 1) apakah anda dewa ? ya, jujur
    2) apakah anda bukan dewa ? ya, bohong
    3) apakah anda dewa apa bukan dewa ? bisa ya atw tdak, acak
    simple

    BalasHapus
  30. Ada apaan sih?
    Wkwk saya tidak mengerti mksd dari teka"nya apaan -.-

    BalasHapus
  31. 1)pertanyaan untuk dewa benar 1+1= 2
    2) pertanyaan untuk dewa salah 1+1=2
    3) pertanyaan untuk dewa acak 1+1= 2

    BalasHapus
  32. Pada suatu hari ada seseorang yg menyuruhku untuk mencari tahu identitas asli dari dewa A,B,&C (yg mana benar,salah,acak). Akupun pergi dengan membawa 6 lebar kerta, 3 berwarna merah dan 3 berwarna hijau. Pertama aku menghampiri kediaman Dewa A, akupun menghadap ia dan berkata "Wahai Dewa A, kau memahami semua perkataanku dan aku ingin menanyakan sebuah pertanyaan dan kau hanya perlu mengatakan ya dan tidak. Tetapi aku tak mengerti apa yg kau katakan. Maka terimalah 2 lebar kertas ini! (1 warna merah & 1 warna hijau) kertas berwana merah = Tidak & kertas berwarna hijau = Ya. Bakarlah kertas yg merupakan jawabanmu!!" (Memberikan kertas) lantas aku bertanya "apakah aku seorang manusia?" (Ia pun membakar kertas warna hijau) .. aku pergi dan menghampiri kediaman Dewa B. Aku menghadap Dewa B dan berkata "Wahai Dewa B .. bla bla bla <~~ (skipp aja cape broo ngetiknya -_-) aku lantas bertanya "apakah aku seorang manusia?" (Ia pun membakar kertas berwarna hijau) lantas aku bertanya lg "apakah aku seorang manusia?" (Dia pun membakar kertas berwarna merah) || Jadi kesimpulanya Dewa A = Benar __ Dewa B = Acak __ Dewa C = salah || knp aku bertanya 2x pada Dewa b ? Karna dewa B adalah sumber dari semuanya karna dia di tengah" lol :D (coba pikir aja sendiri) || Tamat~ || ini jawabanku sendiri .. maaf kalau salah (soalnya saya gk pinter)& maklumi kesalahan kata T_T

    BalasHapus
    Balasan
    1. maaf saya muhammmad yasin vidian email yasinwildan27@yahoo.co.id mau nyanggah
      maaf kalo jadi debat yah

      kan tadi nanya A dan bakar kertas hijau
      tanya B 2 kali bakarnya kertas hijau lalu merah.
      bener siih
      tapi itu kemungkinan yg kamu bikin

      sekarang aku yg bikin kemungkinan
      tanya A apa aku manusia. bakar kertas warna hijau
      tanya B apa aku manusia. bakar kertas warna hijau
      tanya B apa aku manusia. bakar kertas warna hijau
      gimana sekarang ??????

      (tolong koreksi punya saya juga yah tgl 30 07 16)

      Hapus
    2. daaan satu kemungkinan lagi
      tanya A apa aku manusia. bakar kertas warna merah
      tanya B apa aku manusia. bakar kertas warna hijau
      tanya B apa aku manusia. bakar kertas warna hijau
      gimana sekarang ??????
      kan A bisa acak bisa salah

      maaf => muhammad yasin vidian

      Hapus
  33. Kita harus tau dulu apa arti dari da dan ja kedewanya. Jd yg kita tanyain kedewanya
    Dewa A
    1. Apakah ja berarti tidak ?
    >ja, nah jelas banget bohongnya, kalau
    Kalau ditanya tidak harusnya jawabanya berlainan dong(kalau jujur jawabannya da)

    2. Apakah da berarti berati tidak
    >ja, berarti jujur

    Dari 2 pertanyaan dapat diketahui da berarti iya, ja berarti tidak. Dapat di ketahui juga A merupakan dewa acak
    Sekarang pertanyaan ketiga kita tanya kedewa B


    3. Apakah da berarti iya ?
    > ja, bohong banget

    Berarti dewa B adalah dewa salah. Otomatis dewa C adalah dewa jujur

    BalasHapus
  34. Menurutku ini mudah, tapi sebaiknya gak usah kuberi tau jawabannya karena belum ada yang bisa jawab

    BalasHapus
  35. suruh satu per satu dewa A,B,C untuk melempar koin dan lihat mana koin yang muncul gambar ... XD

    BalasHapus
  36. Dalam teka teki itu, kita tidak disuruh menamai sendiri 3 dewa itu tetapi menentukan apakah identitas tersebut benar, salah, atau kemungkinan. Contoh 1. Apakah nama anda dala?
    pada dewa 1 menjawab kemungkinan da atau ja, berarti kita menentukan bahwa dewa a bernama da dala atau ja dala, dan kemungkinan Jawaban dewa 2 dan dewa 3 sama, jika diartikan b indo artinya bukan dala atau iya dala

    BalasHapus
  37. Aduhh bingung saya jawabb brohh, tlong jelaskan yaaa

    Yordangordon@gmail.com

    BalasHapus
  38. intinya jika si dewa tersebut hanya berkata da atau ja, kita ambil contoh pertanyaan 1 siapa namanya, nama depan, dan nama akhir. pertama tanya pada si benar untuk mengetahui da atau ja
    ya lalu kemungkinan jawaban 1/2 dan 1/2 untuk si salah, dan si acak sudah pasti keduanya. maka bisa dikatakan bahwa 3 dewa ini adalah keluarga benar adalah a, salah adalah b, dan acak adalah keturunan. mungkin itu logika dicampur dengan imajinasi, jawaban benar adalah tergantung pandangan orang. saat jika saya membuat soal ini maka itulah jawaban saya. From N1b8a(14)

    BalasHapus
  39. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  40. mungkin ini beberapa kata untuk melengkapi jawaban saya, tanya pada 3 dewa, apa yang kalian katakan untuk kata ya, singkirkan satu dewa(da) yang menjawab selain keduanya(ja), lalu tanyakan salah satu dari mereka apakah kamu dewa yang selalu menjawab ya,benar,atau(ja). pasti akan mendapat salah satu dari mereka yang benar dan acak.

    BalasHapus
  41. Min minta jawabannya ya bingung nih di email diahpuspita059@gmail.com makasih ya��

    BalasHapus
  42. Min tolong banget min, minta jawaban nya Rahmadhaniatir@gmail.com please min.. Minta nyawa ��

    BalasHapus
  43. tinggal lempar koin aja sama si acak.
    trus kluar nya apa...
    trus tanyain deh mana si benar dan si salah...
    kan si acak bisa ktauan kalo lagi boong...

    BalasHapus
  44. jika da adalah ya
    jika ja adalah tidak
    tinggal di tanya begini
    saya manusia apa bukan...?
    dewa benar akan menjawab da dan dewa salah akan menjawab ja.
    trus tanyakan sekali lagi pada yang menjawab ja, jawaban nya berubah tidak.
    dari situ aja udah dapat di pastikan mana dewa benar dewa salah dan dewa acak...

    BalasHapus
  45. SAYA MAS JOKO WIDODO DI SURABAYA.
    DEMI ALLAH INI CERITA YANG BENAR BENAR TERJADI(ASLI)BUKAN REKAYASA!!!
    HANYA DENGAN MENPROMOSIKAN WETSITE KIYAI KANJENG DIMAS DI INTERNET SAYA BARU MERASA LEGAH KARNA BERKAT BANTUAN BELIU HUTANG PIUTAN SAYA YANG RATUSAN JUTA SUDAH LUNAS SEMUA PADAHAL DULUHNYA SAYA SUDAH KE TIPU 5 KALI OLEH DUKUN YANG TIDAK BERTANGUNG JAWAB HUTANG SAYA DI MANA MANA KARNA HARUS MENBAYAR MAHAR YANG TIADA HENTINGNYA YANG INILAH YANG ITULAH'TAPI AKU TIDAK PUTUS ASA DALAM HATI KECILKU TIDAK MUNKIN SEMUA DUKUN DI INTERNET PALSU AHIRNYA KU TEMUKAN NOMOR KIYAI KANJENG DI INTERNET AKU MENDAFTAR JADI SANTRI DENGAN MENBAYAR SHAKAT YANG DI MINTA ALHASIL CUMA DENGAN WAKTU 2 HARI SAJA AKU SUDAH MENDAPATKAN APA YANG KU HARAPKAN SERIUS INI KISAH NYATA DARI SAYA.....

    …TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA AKI KANJENG…

    **** BELIAU MELAYANI SEPERTI: ***
    1.PESUGIHAN INSTANT 10 MILYAR
    2.UANG KEMBALI PECAHAN 100rb DAN 50rb
    3.JUAL TUYUL MEMEK / JUAL MUSUH
    4.ANGKA TOGEL GHOIB.DLL..

    …=>AKI KANJENG<=…
    >>>085-320-279-333<<<






    SAYA MAS JOKO WIDODO DI SURABAYA.
    DEMI ALLAH INI CERITA YANG BENAR BENAR TERJADI(ASLI)BUKAN REKAYASA!!!
    HANYA DENGAN MENPROMOSIKAN WETSITE KIYAI KANJENG DIMAS DI INTERNET SAYA BARU MERASA LEGAH KARNA BERKAT BANTUAN BELIU HUTANG PIUTAN SAYA YANG RATUSAN JUTA SUDAH LUNAS SEMUA PADAHAL DULUHNYA SAYA SUDAH KE TIPU 5 KALI OLEH DUKUN YANG TIDAK BERTANGUNG JAWAB HUTANG SAYA DI MANA MANA KARNA HARUS MENBAYAR MAHAR YANG TIADA HENTINGNYA YANG INILAH YANG ITULAH'TAPI AKU TIDAK PUTUS ASA DALAM HATI KECILKU TIDAK MUNKIN SEMUA DUKUN DI INTERNET PALSU AHIRNYA KU TEMUKAN NOMOR KIYAI KANJENG DI INTERNET AKU MENDAFTAR JADI SANTRI DENGAN MENBAYAR SHAKAT YANG DI MINTA ALHASIL CUMA DENGAN WAKTU 2 HARI SAJA AKU SUDAH MENDAPATKAN APA YANG KU HARAPKAN SERIUS INI KISAH NYATA DARI SAYA.....

    …TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA AKI KANJENG…

    **** BELIAU MELAYANI SEPERTI: ***
    1.PESUGIHAN INSTANT 10 MILYAR
    2.UANG KEMBALI PECAHAN 100rb DAN 50rb
    3.JUAL TUYUL MEMEK / JUAL MUSUH
    4.ANGKA TOGEL GHOIB.DLL..

    …=>AKI KANJENG<=…
    >>>085-320-279-333<<<

    BalasHapus
  46. saya muhammad yasin vidian dari SMA 52 kelas 11. no hp 087884229014 .mau komen hehehe. niiih

    kan tugasnya tadi menentukan idedtitas dewa A,B, DAN C. TIGA2 nya sih dewa tapi cari mana yg benar, salah, dan acak.
    kekurangannya juga satu. tidak ada larangan bahwa pertanyaan gaboleh bercabang.
    pertanyaan yg bercabang aja bikinnya tapi ttp satu pertanyaan bagaikan pohon yg bercabang tapi ttp satu pohon

    nih caranya

    pertanyaan 1.
    tanya si A "jawab 2 kali. anda dewa. anda dewa. benar?

    KEMUNGKINAN 1
    kalo dia jawab ja, da. atau da, ja otomatis dia acak karena dia jawab asal.
    Pertanyaan 2 dari kemungkinan 1
    tanya si B
    2."anda dewa?". misal dia jawab ja
    3."jawaban anda tadi ya?" misal dia jawab ja otomatis dia jujur karena jawaban
    nya iya dan iya . gamungkin kalo tidak dan tidak. misalkan ditanya dewa jawab
    tidak , ditanya lagi jawaban anda iya? kan boong . otomatis dia harus jawab
    iya yang berarti tidak. karena dia jujur ketauan . A acak B benar C salah.

    kalaaaaaauu
    3."jawaban anda tadi ya?" misal dia jawab da. tadi kan jawab ja dan jawab da
    pasti boong karena jawab tidak dan ya. ga mungkin ya dan tidak karena
    tiga2nya dewa. kalo ga percaya pikir aja sendiri. dan otomatis A acak B salah
    C benar

    KEMUNGKINAN 2 kalo jawab da dan da atau ja dan ja
    naah tau nih dia bukan acak . lebih gampang ini mah.
    tanya A lagi 2. "jawab 2 kali.kedua jawaban tadi ya.B acak. benar?"
    misal dia jawab ja dan da. jawaban satu sama nih. berarti jujur. dan ja = ya
    B acak = da = tidak berarti A benar B salah dan sisanya C acak. dan bahkan
    masih ada 1 pertanyaan lagi yg bisa sesuka hati ditanyain
    misal lagi kalo A jawab da dan da. jawaban satu beda dgn jawaban pertanyaan 1
    berarti dia boong dan bisa ditentukan
    anda dewa = ja = tidak
    jawaban tadi ya = da = ya ( bener kann????:))
    dan juga B acak = da = ya karena boong B pasti benar. kan A salah
    otomatis A salah B jujur C acak. dan masih ada 1 pertanyaan lagi

    iseng iseng yeeee 1 pertanyaan lagi
    kan dewa A salah nih tanya aja
    "anda bencong?"
    ee dijawab ja = tidak. karena dia boong berartiii
    tuh dewa bencong
    wkwkwkwkwk

    :)
    gampang

    mikir cuma antara 1/2 atau 1 jam an lah


    dan inget kata2 saya
    semua teka teki pasti ada jawaban dan ADA KEKURANGAN
    kalo gaada jawaban namanya bukan tekateki

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya muhammad yasin vidian nambahin komen tadi

      SATU KEKURANGAN SOAL LAIN

      tidak ada dalam soal bahwa setiap dewa tidak tahu identitas dewa lain
      jadi tanya dewa lain boleh. liat aja tadi sy tanya ttg dewa lain

      Hapus
  47. keterangan : - dipanggil sifat
    Benar = Jujur
    Salah = Bohong
    Acak = Acak*(bisa jujur/bisa bohong, - Jawaban Acak benar atau salahnya hanya diketahui dengan cara tertentu. Ia diibaratkan melempar koin di otaknya, dimana jika koin yang dilempar muncul gambar, Acak berujar benar. Jika muncul angka berarti dia berbohong).

    kunci ** : - Sebelum bertanya, panggil/tulis/pilih dalam kalimat pertanyaan
    kepada siapa penanya akan melontarkan pertanyaan dengan pilihan
    sifat yang di butuhkan.

    Kesimpulan : 1. nama dewa dengan panggilan tidak berurut(bisa mana saja/acak)
    2. 3 pertanyaan dengan jawaban "ya" atau "tidak". Bagaaimana?
    3. karna dewa hanya mengatakan "da" dan "ja"
    4. penanya tidak mengerti arti "da" dan "ja"
    5. "da" dan "ja" Bisa berarti "ya" atau "tidak"
    6. dari perbedaan kata "dan" dengan "atau"(kesimpulan 5.)
    dan juga dari pernyataan "da" dan "ja"
    Bisa berarti "ya" atau "tidak" (kesimpulan 5.)
    * maka dapat dijelaskan bahwa : "da" = "ya"
    "ja" = "ya"
    "da" = "tidak"
    "ja" = "tidak"

    sifat - dipanggil jawaban
    3 pertanyaan :-** 1. Jujur - Benar, Apakah dewa A dipanggil Salah -* "ya" / "tidak"
    2. Bohong - Salah, Apakah dewa A dipanggil Acak -* "ya" / "tidak"
    3. Acak* - Acak , Apakah dewa B dipanggil Benar -* "ya" / "tidak"

    Pemecahan Teka-Teki : dijawab berdasarkan sifat biasa dipanggil.

    identitas Dewa A, B, dan C dengan jawaban "ya" adalah dewa A = Salah
    dewa B = Benar
    dewa C = Acak

    identitas Dewa A, B, dan C dengan jawaban "tidak" adalah dewa A = Acak
    dewa B = Salah
    dewa C = Benar

    BalasHapus
    Balasan
    1. SEPERTINYA KALIMAT YANG INI HARUS DIHAPUS, SIIIPPPPP..
      Ada yang bisa ? Kalau bisa mungkin IQ anda sangatlah tinggi. Sepertinya hanya ahlinya yang bisa. Atau mungkin Albert Einstein, misalkan ia masih hidup bisa memecahkannya. Orang yang saya tahu pasti bisa memecahkannya, adalah George Boolos. Hehehe...

      Hapus
  48. keterangan : - dipanggil sifat
    Benar = Jujur
    Salah = Bohong
    Acak = Acak*(bisa jujur/bisa bohong, - Jawaban Acak benar atau salahnya hanya diketahui dengan cara tertentu. Ia diibaratkan melempar koin di otaknya, dimana jika koin yang dilempar muncul gambar, Acak berujar benar. Jika muncul angka berarti dia berbohong).

    kunci ** : - Sebelum bertanya, panggil/tulis/pilih dalam kalimat pertanyaan
    kepada siapa penanya akan melontarkan pertanyaan dengan pilihan
    sifat yang di butuhkan.

    Kesimpulan : 1. nama dewa dengan panggilan tidak berurut(bisa mana saja/acak)
    2. 3 pertanyaan dengan jawaban "ya" atau "tidak". Bagaaimana?
    3. karna dewa hanya mengatakan "da" dan "ja"
    4. penanya tidak mengerti arti "da" dan "ja"
    5. "da" dan "ja" Bisa berarti "ya" atau "tidak"
    6. dari perbedaan kata "dan" dengan "atau"(kesimpulan 5.)
    dan juga dari pernyataan "da" dan "ja"
    Bisa berarti "ya" atau "tidak" (kesimpulan 5.)
    * maka dapat dijelaskan bahwa : "da" = "ya"
    "ja" = "ya"
    "da" = "tidak"
    "ja" = "tidak"

    sifat - dipanggil jawaban
    3 pertanyaan :-** 1. Jujur - Benar, Apakah dewa A dipanggil Salah -* "ya" / "tidak"
    2. Bohong - Salah, Apakah dewa A dipanggil Acak -* "ya" / "tidak"
    3. Acak* - Acak , Apakah dewa B dipanggil Benar -* "ya" / "tidak"

    Pemecahan Teka-Teki : dijawab berdasarkan sifat biasa dipanggil.

    identitas Dewa A, B, dan C dengan jawaban "ya" adalah dewa A = Salah
    dewa B = Benar
    dewa C = Acak

    identitas Dewa A, B, dan C dengan jawaban "tidak" adalah dewa A = Acak
    dewa B = Salah
    dewa C = Benar

    BalasHapus
    Balasan
    1. SEPERTINYA KALIMAT YANG INI HARUS DIHAPUS, SIIIPPPPP..
      Ada yang bisa ? Kalau bisa mungkin IQ anda sangatlah tinggi. Sepertinya hanya ahlinya yang bisa. Atau mungkin Albert Einstein, misalkan ia masih hidup bisa memecahkannya. Orang yang saya tahu pasti bisa memecahkannya, adalah George Boolos. Hehehe...

      Hapus
  49. Tanyakan kepada 2 dewa terserah yg mana. 1) apa anda dewa?
    Jika jawabannya tidak berarti dia dewa bohong/acak. Jika jawabannya iya,berarti salah satu yang ditanya adalah dewa acak. Pertanyaan kedua untuk 2 dewa yang ditanya tadi adalah apa kamu dewa jujur? Jika ada yang jawab tidak dia adalah dewa acak. Dan satunya dewa jujur dan sisanya dewa bohong. Jika jawabannya sama,beri mereka kalkulator dan tanyakan pertanyaan penjumlahan. bebas berapa. Sampai jawabannya berbeda. Jika yg jawab salah dia adalah dewa acak.

    BalasHapus
  50. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  51. Yang gak ngerti tanya aja. Itu 100% akurat jawabannya. Tq. Yg mau protes silahkan. Tq.

    BalasHapus
  52. Contoh pertanyaan penjumlahamnya seperti berikut:
    "Apakah 2+2=4?"
    Gunakan kata "apakah" untuk bertanya. Jika jawabannya masih sama,tanyakan lagi. Tinggil gannti angkanya dan jawabannya yang benar. Jika jawaban salah maka yang salah adalah dewa acak. Karna mereka tidak mungkin salah karna sudah diberi kalkulatot. Tq

    BalasHapus
  53. Contoh pertanyaan penjumlahamnya seperti berikut:
    "Apakah 2+2=4?"
    Gunakan kata "apakah" untuk bertanya. Jika jawabannya masih sama,tanyakan lagi. Tinggil gannti angkanya dan jawabannya yang benar. Jika jawaban salah maka yang salah adalah dewa acak. Karna mereka tidak mungkin salah karna sudah diberi kalkulatot. Tq

    BalasHapus
  54. 1.Tanyakan pada si A
    Apakah anda dewa benar? Pada pertanyaan ini dia hanya bisa menjawab iya (asumsi saya, jika dia memang dewa benar dia akan jujur dengan menjawab iya, tetapi jika dia dewa bohong dia tetap akan menjawab iya untuk kebohongannya, mau jawab "ja" atau "da" itu artinya "iya")

    2. Tanyakan pada B apakah betul A adalah dewa benar? Disini dia hanya bisa menjawab tidak, sebab jika dia menjawab iya, otomatis dia membenarkan pernyataan si A kalau dia dewa benar dan dia dewa salah, tetapi dewa salah tidak akan mengaku jujur kalau dia dewa salah, jadi saya rasa dewa B pasti akan menjawab "tidak"

    1. A mengaku dewa benar karna hanya bisa menjawab iya ( bisa jujur, bisa bohong)
    2. B tidak setuju jika A dewa benar dengan menjawab tidak ( dia hanya bisa jujur dan tak bisa bohong ) karena jika dia membenarkan A adalah dewa benar otomatis dia dewa salah dan dewa salah tidak berkata jujur

    Jelas disini B adalah dewa jujur dengan nilai 75%

    Kita tanya saja pada B
    Apakah salah satu diantara A dan B adalah dewa acak?
    Jika jawaban "tidak" berarti permainan berakhir dengan urutan A dewa salah, B dewa benar, c dewa acak.
    Jika jawaban "benar" maka pertanyaan harus kita ulang dari awal namun antara B dan C
    Karena jawaban tadi tidak bisa sebagai acuan karena salah satu dari awal ada jawaban acak..

    Itu pemahaman sederhana saya setelah berpikir keras 3jam
    Karna dalam teka teki ini kita di suruh memberi jawaban dari pertanyaan kita sendiri..
    Dan itu tidak akan valid karena bisa saja itu cuma khayalan kita sendiri sebab dalam satu otak imajinasi seseorang bisa berbeda satu dengan yg lainnya

    BalasHapus
  55. 1.Apakah kamu dewa jujur? Ditanyakan ke-3 dewa tersebut pasti jawabannya
    1. Da,da,da.
    2. Da,da,ja.
    Atau
    3. Ja,ja,da.
    4. Ja,ja,ja.

    Dalam jawabannya ja atau da yg terbanyak tadi itu, pasti jwbannya ya.

    Stlh tau asumsi iya atau tidak.
    Maka tinggal tanya.
    Apakah kamu dewa acak?
    Ditanyakan ke-3 dewa tsb.
    1. Tidak, ya, ya.
    2. Tidak, ya, tidak.

    Jika dijawab no 1 maka kita tahu dewa jujur yg mna trus yg selainnya tinggal tanya dia.

    Jika jwbnya no 2 maka kita akan tahu dewa bohong tinggal kita tanya dia tentang dewa selainnya.

    Apakah dia dewa jujur?
    Ditanyakan ke dewa bohong.
    1. Ya.
    2. Tidak.

    Iya berarti bukan dewa jujur tapi dewa acak
    Tidak berarti dewa jujur.

    BalasHapus
  56. oke...
    dewa A
    dewa B
    dewa C

    pertanyaan pertama untuk dewa A
    apakah anda dewa pembohong?
    pertanyaan kedua untuk dewa B
    apakah anda mengerti bahasa saya?
    pertanyaan ketiga untuk dewa B
    apakah anda dewa yang mengerti bahasa saya?

    jika jawabannya ja ja ja berarti dewa A pembohong dewa B jujur dan dewa C acak atau A acak dan B jujur atau bohong
    jika jawabannya da ja ja berarti dewa A jujur dewa B pembohong dewa C acak atau A jujur dan B pembohong
    jika jawabannya da ja ja da brarti dewa dewa B acak
    karna pertanyaan ketiga pertanyaannya ada dua.. kemungkinan dewa acak menjawab 2 pertanyaan dengan acak


    ya itu menyebalkan...

    BalasHapus
  57. Itu dewa kan cuman bisa bilang da sama ja.itu juga kita gak tau apa artinya.
    Kalo di kasih pertanyaan apapun pasti jawabannya da atau ja.
    Otomatis kalo lu nanya apaan juga pasti jawabannya kagak lu ngarti.mirip kayak nanya ayam pasti di jawabnye petok-petok.
    Nah pertanyaannyakan siapa identitas 3 dewa itu.
    Jadi menurut ane,dewa-dewa nyang cuma bisa ngomong dua kata yaitu dewa-dewa pe'ak alias (pendek akal).


    Mohon maaf emang ane kagak pake logika,tapi ane nyoba realistis aje.
    Negara ini udah kebanyakan teori tapi lupa nge-realisasikannya gimana.
    Peace!

    BalasHapus
  58. Itu dewa kan cuman bisa bilang da sama ja.itu juga kita gak tau apa artinya.
    Kalo di kasih pertanyaan apapun pasti jawabannya da atau ja.
    Otomatis kalo lu nanya apaan juga pasti jawabannya kagak lu ngarti.mirip kayak nanya ayam pasti di jawabnye petok-petok.
    Nah pertanyaannyakan siapa identitas 3 dewa itu.
    Jadi menurut ane,dewa-dewa nyang cuma bisa ngomong dua kata yaitu dewa-dewa pe'ak alias (pendek akal).


    Mohon maaf emang ane kagak pake logika,tapi ane nyoba realistis aje.
    Negara ini udah kebanyakan teori tapi lupa nge-realisasikannya gimana.
    Peace!

    BalasHapus
  59. Simple bro...
    Langkah pertama bertanyalah pada semua dewa apakah anda dewa jujur..? Jawabanya pasti sama. Yg beda dpt dibedakan dewa acak. Jawaban terbanyak entah itu (da/ja) dapat dipastikan artinya iya.
    Langkah kedua tanyakan apakah arti dr jawaban terbanyak (bisa da/ja) itu berarti iya kpda semua dewa. Dewa jujur pasti menjawab sama. Dewa bohong berbeda. Dewa acak bisa sama bisa beda. Dari sini seharusnya sudah bisa dilihat ada satu orang dengan jawaban berbeda. Cukup dilihat apakah jawabannya sama dengan pertanyaan pertama atau tidak. Kalo sama berarti dewa jujur kalo beda jawabanya dgn pertanyaan pertama berarti dewa bohong.
    Langkah ketiga tinggal bertanya pada dewa yg sudah terbongkar identitasnya dengan menunjuk salah satu dewa yg lain apakah ini dewa acak..? Jawaban yg diberikan tentu sesui sifatnya kann..?
    Gimana... simple kan

    BalasHapus
  60. Oh ya saya jg punya teka teki
    Seorang polisi mengejar buruan. Disimpang jalan polisi bingung kemana buruan kabur (ke kiri atau kekanan). Untung ada 2 saksi yg melihat. Sayangnya saksi ini ada yg jujur dan tidak. Polisi pun tidak tahu mana yg jujur mana yg tidak. Lebih parah lagi mereka hanya mau menjawab satu pertanyaan saja. Bgmn cara polisi tahu kemana buruaanya kabur...

    BalasHapus
    Balasan
    1. mudah saja, tanyakan pada salah satu orang itu, "1+1=2, apakah benar?" kalo dijawab iya berarti dia jujur kalo dijawab tidak berarti dia tidak jujur
      tanyak pada yang satunya "kemana buruannya kabur"
      kalo yang pertama jujur berarti yang satu ini bohong jadi pilih jalan sebaliknya
      kalo yang pertama tidak jujur berarti yang ini jujur ikuti jalan yang diberikannya

      Hapus
  61. Penjelasan langkah pertama. Pertaanyaa itu dewa jujur pasti menjawab iya karena jujur. Dewa bohong pasti menjawab iya juga karena iya biasa berbohong. Dewa acak bisa saja lain. Tp dengan begitu mlh lebih membuka indetitasnya. Karena sedang mood / acaknya jujur pasti bilang tidak. Tp kita ambil kemungkinan tersulit moodnya bohong jadi saat ditanya apakah anda dewa jujur anggap aja iya. Jadi karena karena semua jawaban jelas kata yg digunakan itu mempunyai arti iya begitu sebaliknya. Ini penting untyk langkah ketiga. Begitu penjelasanya.

    BalasHapus
  62. pertanyaan yang sulit, sama halnya dengan mencari kontraktor lapangan tenis yang terpercaya dan amanah, agar tidak memusingkan dalam hal mencari Kontraktor Lapangan Tenis cek link tersebut

    BalasHapus

Catatan:
Untuk menyisipkan kode, gunakan tag <i rel="pre">KODE ANDA DI SINI...</i>
Untuk menyisipkan gambar, gunakan tag <i rel="image">URL GAMBAR ANDA DI SINI...</i>
Untuk menyisipkan judul, gunakan tag <b rel="h3">JUDUL ANDA DI SINI...</b>
Untuk menyisipkan catatan, gunakan tag <b rel="quote">CATATAN ANDA DI SINI...</b>
Untuk menciptakan efek tebal gunakan tag <b>TEKS ANDA DI SINI...</b>
Untuk menciptakan efek huruf miring gunakan tag <i>TEKS ANDA DI SINI...</i>

Jika ingin menuliskan kode pada komentar harap gunakan Tool untuk mengkonversi kode tersebut agar kode bisa muncul dan jelas atau gunakan tool dibawah "Konversi Kode di Sini!".

 
Top