Sudah sangat lama mungkin saya tidak membahas artikel sains. Nah, kali ini saya akan membahas pentingnya atmosfer bumi bagi lingkungan dan tentunya manusia. Atmosfer Bumi merupakan selimut tipis yang terdiri dari gas dan partikel-partikel yang tergabung dan disebut uap air. Bumi yang luar biasa ini sangat tergantung dari atmosfer. Tanpa atmosfer bumi kemungkinan hanyalah sebuah batu tak bernyawa. Pasalnya semua makhluk hidup di bumi ini perlu oksigen dan air untuk hidup. Nah, mengapa atmosfer itu sangat penting ? Berikut penjelasannya.



1. Melindungi Bumi dari Radiasi Matahari

Mengurangi radiasi matahari yang sampai ke permukaan bumi pada siang hari dan hilangnya panas yang berlebihan pada malam hari. Peran Atmosfer dalam mengurangi radiasi matahari sangat penting. Apabila tidak ada, Lapisan Atmosfer dan  bila 100% radiasi matahari diterima oleh permukaan bumi, maka suhu permukaan bumi akan sangat tinggi dan dikhawatirkan tidak ada organisme yang mampu bertaham hidup, termasuk manusia.

2. Menjaga Siklus Hidrologi

Mendistribusikan air ke berbagai wilayah permukaan bumi. Dalam mendistribusikan air antar wilayah di permukaan bumi, peran atmosfer ini terlihat dalam siklus hidrologi. Tanpa adanya atmosfer yang mampu menampung uap air, maka seluruh air di permukaan bumi hanya akan mengumpul pada tempat yang paling rendah. Sungai-sungai akan kering, seluruh air tanah akan merembes ke laut, sehingga air hanya akan mengumpul di samudera dan laut saja.  Pendistribusian air oleh atmosfer  ini memberikan peluang bagi semua mahluk hidup untuk tumbuh dan berkembang di seluruh permukaan bumi.

3. Menjadi Perantara dalam Menghantarkan Gelombang

Atmosfer terbuat dari gas dan memancarkan energi. Gelombang suara adalah salah satu jenis energi yang menjalar melalui atmosfer. Tanpa atmosfer dalam hal ini udara, kita tidak bisa mendengar suara. Selain itu tanpa atmosfer sebagai media untuk makhluk hidup, tidak ada serangga, burung, atau pesawat akan bisa terbang.

4. Menjaga Suhu Bumi

Tanpa atmosfer, suhu bumi akan dingin di malam hari dan panas terik di siang hari.  Gas rumah kaca menangkap panas di atmosfer. Gas rumah kaca tersebut diantaranya termasuk karbon dioksida, metana, uap air, dan ozon.

5. Melindungi Bumi dari Meteor / Benda Asing

Mengapa ? Karena adanya gaya gesek dengan atmosfer, maka gerakan benda tersebut akan semakin lambat dan tentunya juga ikut terkikis.

6. Ozon di Atmosfer Membuat Kehidupan Menjadi Mungkin

Ozon adalah molekul terdiri dari tiga atom oksigen, (O3). Ozon di atmosfer atas menyerap energi tinggi ultraviolet (UV) sebagai radiasi yang berasal dari Matahari. Hal ini melindungi makhluk hidup di permukaan bumi dari sinar matahari yang paling berbahaya. Tanpa ozon untuk perlindungan, hanya bentuk kehidupan paling sederhana yang akan bisa hidup di Bumi. Konsentrasi tertinggi ozon berada di lapisan ozon di stratosfer rendah.

Komponen - Komponen Atmosfer

- Nitrogen (N2) : 78.08% 
- Oksigen (O2) : 20.95% 
- Argon (Ar) : 0.93% 
- Karbondioksida (CO2) : 0.035%
- Neon (Ne) : 0.0018% 
- Methan (CH4) : 0.00017% 
- Helium (He) : 0.0005% 
- Hidrogen (H2) : 0.000009%
- Xenon (Xe) : 0.000004% C


Sebenarnya, masih banyak lagi manfaat dan fungsi atmosfer bumi, bahkan yang belum diketahui manusia sekalipun. Tetapi untuk kali ini saya hanya menulis 6 diantara semua fungsinya. Semoga Bermanfaat !

1 komentar:

  1. Wah, harusnya saya yang terimakasih, :)

    makasih juga kunjungannya...

    BalasHapus

Catatan:
Untuk menyisipkan kode, gunakan tag <i rel="pre">KODE ANDA DI SINI...</i>
Untuk menyisipkan gambar, gunakan tag <i rel="image">URL GAMBAR ANDA DI SINI...</i>
Untuk menyisipkan judul, gunakan tag <b rel="h3">JUDUL ANDA DI SINI...</b>
Untuk menyisipkan catatan, gunakan tag <b rel="quote">CATATAN ANDA DI SINI...</b>
Untuk menciptakan efek tebal gunakan tag <b>TEKS ANDA DI SINI...</b>
Untuk menciptakan efek huruf miring gunakan tag <i>TEKS ANDA DI SINI...</i>

Jika ingin menuliskan kode pada komentar harap gunakan Tool untuk mengkonversi kode tersebut agar kode bisa muncul dan jelas atau gunakan tool dibawah "Konversi Kode di Sini!".

 
Top