Salah satu wilayah rawa paling eksotis  di Papua bagian selatan ternyata bukanlah tanah tak bertuan. Dengan luas sekitar 600 km, Suku Korowai, mendiami wilayah subur hutan belantara ini. Suku korowai diyakini sebagai satu-satunya suku kanibal yang masih tersisa hingga kini.
Hingga tahun 1970, suku Korowai tidak mengenal selain populasi mereka sendiri, pertama kali suku ini ditemukan oleh seorang misionaris kristen dan mulai hidup bersama mereka. Mulai saat itu, beberapa peneliti asing mulai berdatangan karena ketertarikan mereka terhadap suku kanibal ini.
suku korowai
Suku Korowai memilik tempat tinggal yang unik, dengan permukiman yang ada di tengah hutan belantara, membuat mereka membangun rumah di atas pohon dengan ketinggian sekitar 80 meter. Selain dapat melindungi mereka dari panas dan banjir saat hujan, rumah mereka juga dapat melindungi mereka dari seranga-serangga hutan dan hewan-hewan buas yang hidup di hutan. Selain itu, rumah mereka juga berfungsi sebagai benteng ketika terjadi perang saudara. Tempat mereka tinggal ini disebut “Rumah Tinggi”.
Bahasa yang digunakan oleh mereka termasuk dalam keluarga Awyu-Dumut (Papua Tenggara) dan merupakan filum Trans-Nugini. Sebuah tata bahasa dan kamus telah diproduksi oleh ahli bahasa misionaris Belanda.
Mayoritas klan Korowai tinggal di rumah pohon di wilayah terisolasi mereka. Sejak tahun 1980 sebagian telah pindah ke desa yang baru dibuka , Yaniruma.

Bagi Suku Korowai, tradisi kanibal tidak dapat sembarangan dilakukan. Berdasarkan kepercayaan yang mereka anut, Suku Korowai hanya membunuh manusia yang dianggap melanggar aturan, seperti melakukan praktek perdukunan, atau ‘khuakhua’. Jika banyak bukti yang memberatkannya, maka ia akan dibunuh, dan dagingnya akan dibagi-bagikan, sementara otaknya akan dimakan selagi hangat. Orang yang membunuh khuakhua berhak menyimpan tengkoraknya. Oleh karena itu, hampir semua warga suku Korowai pernah memakan daging manusia, sehinga bagi mereka, kanibalisme bukan sesuatu hal yang tabu.
Terimakasih telah berkunjung, maaf jika tak ada update setelah sekian lama, wassalamualaikum. 

3 komentar:

  1. Disini aku mau Sharing aja ya
    Banyak temen aku yang tercukupi kebutuhannya tanpa kerja
    Caranya bagaimana?? hanya mengeluarkan 10 ribu
    untuk bermain di www. pokerayam .com hanya hitungan menit saja
    ratusan hingga jutaan pun didapat dikarenakan pokerayam
    selalu memberikan promo dan keberuntungan kepada member setianya
    banyak promo dan hadiah menarik yang akan update disetiap saat
    yuk silahkan bergabung pada pokerayam jangan lewatkan
    MODAL 10 ribu MENJADI 1 JUTA
    info keberuntungan lebih lanjut bbm : D8E5205A

    BalasHapus

Catatan:
Untuk menyisipkan kode, gunakan tag <i rel="pre">KODE ANDA DI SINI...</i>
Untuk menyisipkan gambar, gunakan tag <i rel="image">URL GAMBAR ANDA DI SINI...</i>
Untuk menyisipkan judul, gunakan tag <b rel="h3">JUDUL ANDA DI SINI...</b>
Untuk menyisipkan catatan, gunakan tag <b rel="quote">CATATAN ANDA DI SINI...</b>
Untuk menciptakan efek tebal gunakan tag <b>TEKS ANDA DI SINI...</b>
Untuk menciptakan efek huruf miring gunakan tag <i>TEKS ANDA DI SINI...</i>

Jika ingin menuliskan kode pada komentar harap gunakan Tool untuk mengkonversi kode tersebut agar kode bisa muncul dan jelas atau gunakan tool dibawah "Konversi Kode di Sini!".

 
Top