Anda pasti sudah pernah mendengar salah satu alternatif pengobatan ini, terapi ikan. Belum lama ini saya merasakan bagaimana rasanya melakukan kegiatan ini. Rasanya sedikit geli di awal, setelah beberapa lama kaki menjadi nyaman. Ternyata setelah saya telusuri, terdapat beberapa manfaat dan bahaya terapi ikan. Ingin tahu ? Silahkan baca artikel ini.


Manfaat Terapi Ikan

Enzim Dithranol (Anthralin) yang dikeluarkan dari mulut ikan ini, bermanfaat selain membantu proses pengelupasan kulit mati secara alami, terapi ikan ini juga berguna untuk menghambat pertumbuhan kulit yang terlalu cepat tumbuh, meningkatkan kelembaban kulit, memperlancar sirkulasi darah, mengurangi dan mengaburkan bekas luka, membantu peremajaan kulit, membuat kulit lebih halus dan bersih. Ikan-ikan ini akan melepaskan enzim dari mulut mereka yang sekaligus membuat kulit terasa lebih lembut juga mencegah pertumbuhan kulit yang tak sehat. Kali pertama orang menyelupkan kaki ke dalam kolam berisi kumpulan ikan ini, akan memberikan sensasi menggelitik, karena sentuhan mulut-mulut ikan akan tepat mampu mengenai simpul-simpul syarap, hingga menimbulkan rasa geli tapi senang, bisa mengenyahkan stres sesaat sambil menikmati udara segar pegunungan yang sejuk dan dapat menenangkan pikiran. Ditambah lagi hisapan-hisapan ini bisa memberikan micromassage di kulit bagian atas.

Selain itu, isapan ikan tersebut untukmelepaskan kulit mati di sekitar telapak dan jari-jari kaki, serta di bagian lainya.Terapi ikan ini dipercaya oleh sebagian masyarakat dapat menyembuhkan berbagai penyakit kulit. Bagi mereka yang punya bekas luka di telapak kakisangat baik, karena kulit mati yang warnanya agak menghitam itu akan lepas oleh isapan ikan (asal jangan luka baru/ atau infeksi). Lainnya terapi ikan dapat untuk merelaksasi otot dan mengendurkan urat syaraf, sehingga tidak heran manakala saatnya tidur, tidur kita betul-betul bisa nyenyak/pulas dan begitu bangun tidur badan akan terasa langsung segar.
Referensi : ikanterapi.com
Jenis - Jenis Ikan Terapi
                                 
Bahaya Terapi Ikan
Setelah saya telusuri kembali, ternyata saya menemukan beberapa bahaya dari kegiatan ini. Menurut para ilmuwan di Inggris seperti yang dikutip oleh The Strait Times bahwa The Health Protection Agency (HPA) di Inggris menemukan bahwa terapi ikan malah memperlemah sistem kekebalan tubuh dan berisiko menularkan infeksi.
HPA dalam penelitiannya menemukan bahwa tangki air yang berisi air untuk menaruh ikan-ikan tersebut biasanya memiliki banyak mikroorganisme. Tak hanya itu HPA juga menemukan bahwa infeksi tersebut biasanya disalurkan dalam beberapa cara seperti misalnya dari ikan ke manusia, kontaminasi dari air kotor atau bahkan dari manusia ke manusia yang berbagi sama kolam.
Bahkan ngerinya lagi menurut juru bicara dari HPA mengatakan bahwa metode pengobatan tersebut bisa menyebarkan virus berbahaya seperti hepatitis dan HIV. Jika anda terbiasa melakukan terapi ikan tersebut sebaiknya anda harus mempertimbangkan lagi mengenai bahaya tersebut.
Referensi : maitreya voice
Oke, itu dulu tentang terapi ikan, kalau ada tambahan, akan saya update.

4 komentar:

  1. Iya, saya pernah coba sekali rasanya sakit agak kegeli - gelian gimana gitu. =))

    BalasHapus
    Balasan
    1. ok, sob. Thanks kunjungannya !

      Hapus
  2. Jadi pingin nyoba...

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba aja sob. Murah kok ! ada yg gratis juga. :)

      Hapus

Catatan:
Untuk menyisipkan kode, gunakan tag <i rel="pre">KODE ANDA DI SINI...</i>
Untuk menyisipkan gambar, gunakan tag <i rel="image">URL GAMBAR ANDA DI SINI...</i>
Untuk menyisipkan judul, gunakan tag <b rel="h3">JUDUL ANDA DI SINI...</b>
Untuk menyisipkan catatan, gunakan tag <b rel="quote">CATATAN ANDA DI SINI...</b>
Untuk menciptakan efek tebal gunakan tag <b>TEKS ANDA DI SINI...</b>
Untuk menciptakan efek huruf miring gunakan tag <i>TEKS ANDA DI SINI...</i>

Jika ingin menuliskan kode pada komentar harap gunakan Tool untuk mengkonversi kode tersebut agar kode bisa muncul dan jelas atau gunakan tool dibawah "Konversi Kode di Sini!".

 
Top