Wah, kenapa hari ini saya sangat terobsesi dengan 'rasa pedas' dan 'cabai' ya ? Saya sendiri tak tahu dapat ide menulis dari mana, yang jelas saya menulis supaya bermanfaat bagi anda semua ( wah, pamer nih ! ). Oke kali ini masih bertema 'cabai' dan 'pedas'. Cabai mempunyai beraneka ragam jenis dan bentuk, juga tingkat kepedasan. Untuk mengetahui itu silahkan buka Jenis - Jenis Cabai. Dari sini anda sudah mengetahui beragam jenis menurut bentuk, warna, jenis, dan ciri khasnya. Sekarang saya akan membahas tentang tingkat kepedasannya berdasarkan skala scoville. Oke, berikut gambar tentang tingkat kepedasan cabai.

Tingkat Kepedasan Cabai Menurut Skala Scoville

Referensi : Google Gambar
Apa itu Skala Scoville ?

Satuan Scoville dinamai mengikuti nama Wilbur Scoville pada 1912. Saat itu, ia bekerja untuk sebuah perusahaan farmasi bernama Parke-Davis. Di sana ia mengembangkan satu tes yang disebut “Tes Scoville Organoleptic”. Tes ini adalah untuk yang mengukur tingkat kepedasan cabai.

Pada dasarnya, Scoville menghancurkan cabai dan mencampurkannya dengan air gula lalu mengujinya kepada satu kelompok pencicip yang menyeruput larutan air-gula-cabai ini. Ia kemudian mengencerkan larutan itu sedikit demi sedikit hingga tak lagi “membakar” lidah para pencicip. Setelah itu, ia memberi angka terhadap cabai tersebut berdasarkan jumlah pengenceran yang ia mesti lakukan untuk menghilangkan rasa pedasnya.
"Ia memberi angka terhadap cabai tersebut berdasarkan jumlah pengenceran"
Ukuran ini dibagi ke dalam kelipatan 100. Catat bahwa 1 bagian per 1.000.000 pengenceran dengan air sama dengan 1,5 satuan Scoville. Capsaicin murni, zat yang membuat cabai terasa pedas, bernilai 15-16 juta satuan Scoville. Ini luar biasa pedas! Anda bisa menyimak daftar tingkat kepedasan beraneka jenis cabai dan membandingkan tingkat kepedasan satu cabai dengan yang lain, serta laitannya dengan capsaicin murni.
Kini, pengujian tingkat kepedasan cabai tak sesubyektif yang dilakukan Wilbur Scoville lagi. Metodenya telah digantikan dengan High Performance Liquid Chromatography (HPLC), yang mengukur kepedasan cabai yang menghasilkan zat-zat kimia dan mengukurnya menggunakan satuan kepedasan ASTA (American Spice Trade Association/Asosiasi Perdagangan Rempah-Rempah Amerika
Referensi : Wara Wiri
Lalu, Bagaimana ? Mau mencoba cabai dengan skala 1 juta keatas ? Untuk pengertian rasa pedas, silahkan klik Apa Itu Rasa Pedas ? Semoga Bermanfat !

4 komentar:

  1. Habis mbaca ini lama - lama lidahku juga ikut pedas ! :)
    Keep Update ! Nice Post !

    BalasHapus
    Balasan
    1. terimakasih dukungannya, :) !

      Hapus

Catatan:
Untuk menyisipkan kode, gunakan tag <i rel="pre">KODE ANDA DI SINI...</i>
Untuk menyisipkan gambar, gunakan tag <i rel="image">URL GAMBAR ANDA DI SINI...</i>
Untuk menyisipkan judul, gunakan tag <b rel="h3">JUDUL ANDA DI SINI...</b>
Untuk menyisipkan catatan, gunakan tag <b rel="quote">CATATAN ANDA DI SINI...</b>
Untuk menciptakan efek tebal gunakan tag <b>TEKS ANDA DI SINI...</b>
Untuk menciptakan efek huruf miring gunakan tag <i>TEKS ANDA DI SINI...</i>

Jika ingin menuliskan kode pada komentar harap gunakan Tool untuk mengkonversi kode tersebut agar kode bisa muncul dan jelas atau gunakan tool dibawah "Konversi Kode di Sini!".

 
Top