Mungkin anda tidak asing dengan kata maglev, atau mungkin anda tidak tahu ? Ya, maglev adalah singkatan dari Magnetically Levitated Trains. Dari Kepanjangan namanya, sudah terlihat kereta ini memanfaatkan Magnet. Kereta ini sering juga disebut kereta api magnet. Prinsip dari kereta api ini adalah memanfaatkan gaya angkat magnetik pada relnya sehingga terangkat sedikit ke atas, kemudian gaya dorong dihasilkan oleh motor Induksi. Kecepatan Kereta Maglev yaitu 650 km/Jam. Kecepatan kereta ini tinggi karena tidak terpengaruh gaya gesek. Karena itu harganya pun cukup mahal.



Kereta Maglev mengambang kurang lebih 10mm di atas rel magnetiknya. Dorongan ke depan dilakukan melalui interaksi antara rel magnetik dengan mesin induksi yang juga menghasilkan medan magnetik di dalam kereta .



Kelebihan dan Kekurangan Maglev


Kelebihan utama dari kereta ini adalah kemampuannya yang bisa melayang di atas rel, sehingga tidak menimbulkan gesekan. Konsekuensinya, secara teoritis tidak akan ada penggantian rel atau roda kereta karena tidak akan ada yang aus sehingga dapat menghemat biaya. Keuntungan sampingan lainnya adalah tidak ada gaya resistansi akibat gesekan. Gaya resistansi udara tentunya masih ada. Untuk itu dikembangkan lagi Kereta Maglev yang lebih aerodinamis.

maglev 2 Kecepatan Kereta Api Jepang Maglev Tembus 500 km/jam

Dikarenakan bentuk dan kecepatan kereta yang fantastis ini, kebisingan  yang ditimbulkan disaat kereta ini bergerak hampir sama dengan sebuah pesawat jet, dan di perhitungkan lebih mengganggu daripada kereta konvensional. Sebuah studi membuktikan suara yang ditimbulkan oleh kereta meglev dengan kereta konvensional biasa lebih bising sekitar 5dB yaitu 78% nya. Kekurangan lain kereta ini adalah di mahalnya investasi terutama pengadaan relnya.

Cara Kerja Maglev



Ada dua cara kerja kereta maglev ini, yang biasa membuat mengambang yang pertama adalah ems (electromagnetic supension). Menggunakan tenaga magnet listrik biasa dari rel, agar kereta dapat terangkat 10 milimeter. Namun, cara ini tidak stabil. Akibatnya, jarak mengambang harus selalu dikontrol. Ketika daya magnet berkurang, kereta bisa turun dan menabrak rel. Cara ini pertama kali dikembangkan di jerman.
Cara yang kedua adalah eds (electrondynamic supension). Menggunakan tenaga magnet superkonduktor. Tenaga ini mampu mengangkat kereta sejauh 100 hingga 150 milimeter. Cara ini jauh lebih stabil ketimbang cara yang pertama. Daya angkat yang dihasilkan tidak hanya melalui guideway saja, tetapi juga dari kereta itu sendiri. Magnet superkonduktor ini harus selalu didinginkan dengan alat pendingin pada kereta maglev agar tidak mudah rusak.
Cara Maglev Berjalan
Dalam keadaan berhenti, kereta maglev tidak mengambang di atas rel. Saat akan berangkat, magnet superkonduktor dinyalakan dan kereta mulai mengambang di atas rel sejauh 100 milimeter. kemudian, magnet superkonduktor itu mengatur posisi kereta maglev agar tepat di tengah jalur guideway supaya saat nantinya berjalan, kereta maglev tidak menyerempet lintasan. Setelah menemukan posisi yang tepat, komputer akan mengunci posisi tersebut dan menstabilkan magnet superkonduktor agar posisi kereta tidak berubah. setelah semua siap, maka magnet superkonduktor pada kereta dan magnet pada bagian dinding rel akan menciptakan daya saling menarik dan mendorong secara berulang-ulang sehingga nantinya daya tersebut akan menggerakkan kereta maglev untuk memulai perjalanannya, teknologi kereta maglev terus dikembangkan. Sebab, sangat banyak manfaatnya. Selain dapat melaju dengan cepat, kereta maglev sangat mudah direm, sehingga tingkat keamanan lebih baik daripada kereta biasa. Dengan berjalan mengambang, penumpang akan merasa nyaman karena tidak ada getaran seikitpun. Selain itu kereta maglev tidak menimbulkan suara bising dan tidak menimbulkan asap hasil pembakaran. 
Mungkin gambar ini bisa menjelaskan cara kerja maglev.
Fakta : China adalah negara pertama yang mempunyai layanan kereta api Maglev. Shanghai Maglev dibuka untuk umum pada Januari 2004, dengan kecepatan mencapai 431 km/jam. Dibutuhkan dana sebesar 1.3 miliar dolar untuk membangun trek yang relatif pendek.
Fakta Kereta Maglev mengambang kurang lebih 10mm di atas rel magnetiknya

Bagian Dalam Maglev (Video)


Dari video diatas terlihat jelas dari awal, kecepatan awalnya dari lambat, sekitar 50 km/h, hingga lebih dari 500 km/h ! Dan juga ada penampakan bagian dalam kereta maglev.

Wah, ternyata sudah lama juga saya membuat artikel ini. Jadi tolong dihargai. Semoga Bermanfaat !

Referensi : AriefEW, Oqif05, Kaskus

1 komentar:

  1. Copy Paste dari ID wikipedia.......... Selamat...... pintar nyonteknya

    BalasHapus

Catatan:
Untuk menyisipkan kode, gunakan tag <i rel="pre">KODE ANDA DI SINI...</i>
Untuk menyisipkan gambar, gunakan tag <i rel="image">URL GAMBAR ANDA DI SINI...</i>
Untuk menyisipkan judul, gunakan tag <b rel="h3">JUDUL ANDA DI SINI...</b>
Untuk menyisipkan catatan, gunakan tag <b rel="quote">CATATAN ANDA DI SINI...</b>
Untuk menciptakan efek tebal gunakan tag <b>TEKS ANDA DI SINI...</b>
Untuk menciptakan efek huruf miring gunakan tag <i>TEKS ANDA DI SINI...</i>

Jika ingin menuliskan kode pada komentar harap gunakan Tool untuk mengkonversi kode tersebut agar kode bisa muncul dan jelas atau gunakan tool dibawah "Konversi Kode di Sini!".

 
Top