Battle of Surabaya, pertama kali saya tahu tentang film ini ketika saya sedang aktif membuat, membaca, dan mencari informasi kaskus. Mungkin anda bingung apa yang membuat film animasi ini spesial ? Nah, dari cover dan trailernya saja sudah terlihat film ini keren, dan satu lagi ini buatan Indonesia. Tepatnya MSV Picture, badan usaha milik STMIK AMIKOM Yogyakarta. Oke, langsung saja, berikut infonya.


Sinopsis

Film ini menceritakan petualangan Musa, remaja tukang semir sepatu yang menjadi kurir bagi perjuangan pejuang arek-arek Suroboyo dan TKR dalam peristiwa pertempuran dahsyat 10 November 1945 di Surabaya.
Cerita dibuka dengan visualisasi dahsyat dari pemboman kota Hiroshima oleh Sekutu yang menandakan menyerahnya Jepang. “Indonesia merdeka, itu yang kudengar di RRI, Jepang menyerah !” kata Musa. Tetapi langit Surabaya kembali merah dengan peristiwa Insiden Bendera dan kedatangan Sekutu yang ditumpangi oleh Belanda. Belum lagi gangguan oleh beberapa kelompok pemuda Kipas Hitam yang dilawan oleh Pemuda Republiken. Residen Sudirman, Gubernur Suryo, Pak Moestopo, Bung Tomo dan tokoh-tokoh lain membangkitkan semangat arek-arek Suroboyo & pemuda Indonesia bangkit melawan penjajahan.
Musa dipercaya sebagai kurir surat dan kode-kode rahasia yang dikombinasikan dengan lagu-lagu keroncong dari Radio Pemberontakan Rakyat Indonesia yang didirikan Bung Tomo. Berbagai peristiwa dilalui Musa sebagai kurir, kehilangan harta dan orang-orang yang dikasihi menjadi konsekuensi tugas mulia tersebut.

Cerita ini merupakan cerita adaptasi dari peristiwa 10 November 1945 Surabaya. Selain tokoh-tokoh nyata, terdapat tokoh fiktif yang sengaja dibuat untuk memperkuat pesan yang ingin disampaikan. Pesan perang tentang semangat, cinta tanah air, dan perdamaian. (http://hiburan.kompasiana.com)
Trailer


Menurut saya film ini sangatlah istimewa, karena menjadi film animasi 2D pertama yang ditayangkan bioskop Indonesia. Selain itu film ini juga mengangkat peristiwa sejarah, tidak seperti film-film sebelumnya. Juga efek animasinya yang sudah sangat baik. Kekurangannya menurut saya adalah gerakan belum tepat persis dengan suara, dan animasinya masih agak kaku. Selain itu, pengisi suara tidak membawakan logat orang Surabaya. Menurut infonya film ini akan meluncur sekitar Bulan April 2014.

Kontak :

Website : http://battleofsurabayathemovie.com/blog/
Facebook : Battle of Surabaya The Movie
Twitter : @BOSMovie_ID

Dukung Majunya Film Animasi Indonesia !

1 komentar:

Catatan:
Untuk menyisipkan kode, gunakan tag <i rel="pre">KODE ANDA DI SINI...</i>
Untuk menyisipkan gambar, gunakan tag <i rel="image">URL GAMBAR ANDA DI SINI...</i>
Untuk menyisipkan judul, gunakan tag <b rel="h3">JUDUL ANDA DI SINI...</b>
Untuk menyisipkan catatan, gunakan tag <b rel="quote">CATATAN ANDA DI SINI...</b>
Untuk menciptakan efek tebal gunakan tag <b>TEKS ANDA DI SINI...</b>
Untuk menciptakan efek huruf miring gunakan tag <i>TEKS ANDA DI SINI...</i>

Jika ingin menuliskan kode pada komentar harap gunakan Tool untuk mengkonversi kode tersebut agar kode bisa muncul dan jelas atau gunakan tool dibawah "Konversi Kode di Sini!".

 
Top