Oke, kali ini saya akan membahas artikel yang bertema sesuai hari ini, sengaja saya sempat-sempatkan post artikel selain hari weekend karena hari ini 28 Oktober 2013, Sumpah Pemuda. Jujur saja, sebenarnya tadi pagi saya lupa isi sumpah pemuda. Tetapi berkat dibacakan pada upacara tadi pagi, saya menjadi ingat kembali. Berikut isi sumpah pemuda yang dibacakan saat Kongres Pemuda.
"Kami putra dan putri Indonesia, mengaku bertumpah darah yang satu, tanah air Indonesia.
Kami putra dan putri Indonesia, mengaku berbangsa yang satu, bangsa Indonesia. Kami putra dan putri Indonesia, menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia."
Kongres Pemuda Merupakan sebuah kegiatan yang diselenggarakan oleh para pemuda Indonesia untuk membangkitkan rasa nasionalisme bangsa Indonesia dan sebagai upaya mempersatukan bangsa untuk melawan penjajah


Nah, agar postingan ini lebih bermanfaat, saya juga menyelipkan suatu informasi tentang versi-versi Lagu Indonesia Raya yang juga dinyanyikan ketika kongres pemuda 28 Oktober 1928. Nah, mungkin anda belum mengetahui beberapa versi ini.

Wage Rudolf Soepratman atau lebih populer dipanggil W.R Supratman. Dia adalah salah satu dari 71 peserta Kongres Pemuda-Pemuda Indonesia tersebut. Sewaktu dilantunkan di depan peserta kongres, nyanyian lagu Indonesia Raya diiringi dengan pinao oleh Dolly Salim putri pahlawan Haji Agus Salim.

Urutan Stanza dan Reff lagu Indonesia Raya selengkapnya berdasarkan pengubahan asli W.R Supratman adalah :
Stanza 1 :
Indonesia Tanah Airkoe Tanah Toempah Darahkoe. Di sanalah Akoe Berdiri Djadi Pandoe Iboekoe. Indonesia Kebangsaankoe Bangsa dan Tanah Airkoe. Marilah Kita Berseroe Indonesia Bersatoe. Hidoeplah Tanahkoe Hidoeplah Negrikoe. Bangsakoe Rak’jatkoe Sem’wanja. Bangoenlah Djiwanja Bangoenlah badannja. Oentoek Indonesia Raja. (Reff: diulang 2 kali) Indonesia Raja Merdeka Merdeka Tanahkoe Negrikoe Jang Koetjinta. Indonesia Raja Merdeka Hidoeplah Indonesia Raja.
Stanza 2 :
Indonesia Tanah Jang Moelia Tanah Kita Jang Kaja. Di Sanalah Akoe Berdiri Oentoek Slama-Lamanja. Indonesia Tanah Poesaka P’saka Kita Semoeanja. Marilah Kita Mendo’a Indonesia Bahagia. Soeboerlah Tanahja Soeboerlah Djiwanja. Bangsanja Rakjatnja Sem’wanja. Sadarlah Hatinja Sadarlah Boedinja. Oentoek Indonesia Raja. (Reff: Diulang 2 kali) Indonesia Raja Merdeka Merdeka Tanahkoe Negrikoe Jang Koetjinta. Indonesia Raja Merdeka Hidoeplah Indonesia Raja.

Stanza 3 :
Indonesia Tanah Jang Soetji Tanah Kita Jang Sakti. Disanalah Akoe Berdiri. ‘Ndjaga Iboe Sedjati. Indonesia Tanah Berseri Tanah Jang Akoe Sajangi. Marilah Kita Berdjandji Indonesia Abadi. S’lamatlah ra’jatnja S’lamatlah Poetranja. Poelaoenja Laoetnja Sem’wanja. Majoelah Negrinja Majoelah Pandoenja. Oentoek Indonesia Raja. (Reff : Diulang 2 X) Indonesia Raja Merdeka Merdeka Tanahkoe Negrekoe Jang Koetjinta. Indonesia Raja Merdeka Merdeka Hidoeplah Indonesia Raja.
Nah itulah beberapa versi lagu Indonesia Raya yang saya ambil dari kaskus.co.id. Ya, inilah satu kata yang diimpikan masyarakat indonesia. "Merdeka !" karena nyatanya Indonesia masih terjajah baik dalam sisi ekonomi, sumber daya alam, maupun yang lainnya. Selamat Hari Sumpah Pemuda !

1 komentar:

  1. Sebaiknya diberi tambahan setelah EYD

    ~Wakil Admin IU

    BalasHapus

Catatan:
Untuk menyisipkan kode, gunakan tag <i rel="pre">KODE ANDA DI SINI...</i>
Untuk menyisipkan gambar, gunakan tag <i rel="image">URL GAMBAR ANDA DI SINI...</i>
Untuk menyisipkan judul, gunakan tag <b rel="h3">JUDUL ANDA DI SINI...</b>
Untuk menyisipkan catatan, gunakan tag <b rel="quote">CATATAN ANDA DI SINI...</b>
Untuk menciptakan efek tebal gunakan tag <b>TEKS ANDA DI SINI...</b>
Untuk menciptakan efek huruf miring gunakan tag <i>TEKS ANDA DI SINI...</i>

Jika ingin menuliskan kode pada komentar harap gunakan Tool untuk mengkonversi kode tersebut agar kode bisa muncul dan jelas atau gunakan tool dibawah "Konversi Kode di Sini!".

 
Top